PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING BERBANTUAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DIKELAS VIII SMPN 30 PEKANBARU T.A 2017/2018

  • Ermina Sari Universitas Lancang Kuning
  • Jelly Marsela Sitohang Universitas Lancang Kuning
Keywords: joyful learning, mind mapping, hasil belajar, minat siswa, gerak tumbuhan.

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Joyful learning berbantuan metode Mind mapping terhadap hasil belajar dan minat siswa pada materi gerak tumbuhan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 di SMPN 30 Pekanbaru semester ganjil pada Tahun Ajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII 1 dan VIII 5 dengan jumlah siswa masing-masing 40 orang yang diambil dengan cara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui Pretest, Posttest, angket minat belajar dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test. Rerata N-Gain eksperimen adalah 0,70 kategori sedang dan pada kelas kontrol 0,55 kategori sedang. Rerata angket minat siswa pada kelas eksperimen adalah 94,08 dan pada kelas kontrol adalah 67,63. Berdasarkan analisis hasil t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil belajar dan minat siswa kelas kontrol dan eksperimen. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Joyful learning berbantuan metode Mind mapping terhadap hasil belajar dan minat siswa pada materi gerak tumbuhan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-11
How to Cite
Sari, E., & Sitohang, J. M. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING BERBANTUAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA MATERI GERAK TUMBUHAN DIKELAS VIII SMPN 30 PEKANBARU T.A 2017/2018. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 45-68. https://doi.org/10.31849/bl.v5i1.1011
Section
Article
Abstract viewed = 514 times
Ermina Sari pdf. downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>