ANALISA KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP BLENDED LEARNING DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING

  • Rizky Ananda Idris Universitas Lancang Kuning
  • Lucky Laura Van FC Universitas Lancang Kuning
  • Dafwen Toresa Universitas Lancang Kuning
Keywords: Analisa, Blended Learning, Kepuasan, Satisfaction

Abstract

Blended Learning merupakan suatu sistem penggabungan dari berbagai cara penyampaian, model pengajaran dan gaya pembayaran untuk mempermudah proses belajar antara fasililator dengan orang yang mendapatkan pengajaran. Saat ini mahasiswa masih kurang mengerti terhadap penerapan Blended Learning, maka akan berdampak pada kegiatan belajar dan mengajar mahasiswa terhadap sistem Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kepuasan mahasiswa terhadap Blended Learning di Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan enam variable yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, pengguna, kepuasan pengguna dan manfaat bersih. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah sistem Blended Learning di Universitas Lancang Kuning Pekanbaru sedangkan subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa yang telah menggunakan atau mempunyai akun Blended Learning yang terdapat di sembilan fakultas Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan penyebaran kuesioner online kepada mahasiswa di Universitas Lancang Kuning. Penelitian ini menggunakan metode Delon and Mclean. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah dengan teknik analisis korelasi product moment pearson. Hasil penelitian ini mengindifikasikan bahwa 6 hipotesis yang diterima dan 1 hipotesis tidak diterima. Untuk tingkat kepuasan mahasiswa dari responden 348 dan diantaranya 244 menunjukan hasil puas. Maka dapat disimpulkan kepuasan mahasiswa terhadap Blended Learning di Universitas Lancang Kuning menyatakan puas.

 

Kata kunci : Analisa, Blended Learning, Kepuasan

 

Abstract

 Blended learning is a practically combined delivery method, learning model, and payment style to help the learning process between facilitators and students. Many students still find it challenging to understand the implementation of Blended Learning, impacting their learning activities. This current study aimed to test the students’ satisfaction toward Blended Learning implemented in Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru. Six variables were used and examined: system quality, information quality, service quality, users, user satisfaction, and net benefit. Blended Learning was used as the research object, while students at nine faculties, who have used or possessed the account, became the subjects. Online questionnaires collected primary data, and Delon and Mclean’s method was conducted. Product moment Pearson used to test the hypotheses. The result reveals that six hypotheses were supported, while one was not. Of the 348 respondents, 244 of them, or most of the respondents, were satisfied with the Blended Learning system.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmawan, F. (2015). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemanfaatan E-Learning (Studi Kasus : E-Learning IF UNPAS).

P., Vi, R., & Yuliana, K. (2016). Model kesuksesan sistem informasi Delone dan Mclean untuk evaluasi sistem informasi pos pada PT. Indonesia, P. O. S., Divisi

Purwandani, I., & Kom, M. (2018). Pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa pengguna E-learning dengan menggunakan End User Computing Satisfaction ( EUCS ) Studi Kasus : Akademi Bina Sarana Informatika.

Larasati, N. A., & Andayani, S. (2019). Pengaruh penggunaan E-learning Management Sistem ( LMS ) terhadap tingkat kepuasan mahasiswa menggunakan metode DeLone and McLean.

Ngurah, I. G., Wijaya, S., & Suwastika, I. W. K. (2017). Analisis kepuasan pengguna Elearning menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS).

D. M., Csi, I. P. A., & Sinnun, A. (2017). Analisis kepuasan pengguna LMS berbasis Web. Servqual,

Agung, G., Wisudiawan, A., Informatika, F., Telkom, U., Delone, M., Seddon, M., & Moment, P. P. (2015). Analisis faktor kesuksesan sistem informasi menggunakan model delone and mclean, II.

Widyawati, D. K., Sitanggang, I. S., & Buono, A. (2018). Analisis kepuasan Lampung penggunaan Politeknik Negeri State Polytechnic of Satisfaction Analysis of E-learning Use at Lampung

Zohriah, A., Manajemen, D., Islam, P., Islam, U., Sultan, N., & Hasanuddin, M.

(2017). Efektivitas pelayanan perpustakaan sekolah.

Budi Purbayu, Ms Ashari, SE, Akt. (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Excel & SPSS.

Published
2020-12-05
How to Cite
Ananda Idris, R., Laura Van FC, L., & Toresa, D. (2020). ANALISA KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP BLENDED LEARNING DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING. SEMASTER: Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer, 1(1), 39-52. https://doi.org/10.31849/semaster.v1i1.5490
Abstract viewed = 800 times
PDF downloaded = 510 times