PENERAPAN ALGORITMA FUZZY BERBASIS EXPERT SYSTEM UNTUK MENGUKUR KOMPETENSI MAHASISWA
Abstract
Ada beberapa capaian yang harus dilalui mahasiswa yaitu Capaian Pembelajaran Program Studi (CP-PRODY) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CP-MK), dimana capaian pembelajaran itu merupakan tahap evaluasi kurikulum yang bertujuan untuk mengkaji seberapa jauh capaian pembelajaran telah terbukti dimiliki oleh lulusan dan dapat beradaptasi terhadap perkembangan kehidupan. Untuk membantu perguruan tinggi dalam melihat kemampuan kompetensi setiap mata kuliah yang harus dimiliki mahasiswa sesuai dengan peta okupasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indinesia (KKNI). Berdasarkan peta okupuasi KKNI mahasiswa harus memiliki keahlian-keahlian sesuai dengan jurusan atau paling tidak ada salah satu skill yang harus mereka kuasai. Untuk mengetahui hal tersebut peneliti mengembangkan aplikasi ujian berbasis web dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL serta Bootstrap 4 yang memiliki peran utama untuk pembangunan aplikasi Computer Assist Test (CAT) dengan menggunakan Expert System untuk melakukan penelusuran butir soal sesuai dengan hasil jawaban dari mahasiswa tersebut dan metode fuzzy logic untuk mengukur kempauannya.
Kata Kunci: Kompetensi Matakuliah,CAT, Espert System, Fuzzy Logic.
Abstract
There are several achievements that students must go through, namely Study Program Learning Outcomes (CP-PRODY) and Subject Learning Outcomes (CP-MK), where learning outcomes are the curriculum evaluation stage which aims to assess how far the learning outcomes have been proven to be owned by graduates and can adapt to the development of life. To assist higher education institutions in seeing the competency abilities of each subject that students must have according to the occupation map of the Indonesian National Qualifications Framework (KKNI). Based on the KKNI occupation map, students must have skills in accordance with their majors or at least one of the skills they must master. To find out this, the researcher developed a web-based exam application using the PHP programming language and MySQL database as well as Bootstrap 4 which has a major role in the development of the Computer Assist Test (CAT) application using the Expert System to trace the items according to the results of the student's answers. and fuzzy logic method to measure its strength.
Keywords: Competency Course, CAT, Espert System, Fuzzy Logic.
Downloads
References
[2] E. Fitriatun, “Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
[3] S. G. Mstats, “kurikulum inti informatika dan komputer,” 2008.
[4] D. O. Segall, “computerized adaptive testing,” encycl. Soc. Meas., vol. 1905, pp. 429–438, 2004, doi: 10.1016/b0-12-369398-5/00444-8.
[5] l. M. Anggrenita, i. Muslim, and m. R. Saf, “pengembangan computerized adaptive test (cat) menggunakan algoritma fuzzy dengan metode tsukamoto berbasis web,” j. Aksara komput. Terap., vol. 5, no. 1, pp. 1–5, 2016.
[6] N. Amir, “jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan,” j. Penelit. Dan eval. Pendidik., vol. 16, no. 1, pp. 246–267, 2012, doi: https://doi.org/10.21831/pep.v16i1.1120.
[7] M. Fahmi, t. R. Butir, and f. Tsukamoto, “dan fuzzy tsukamoto pada computerized adaptive test,” vol. 2, pp. 38–45, 2020.
[8] W. Winarno, “hasil pengujian software computerized adaptive testing (cat) mata pelajaran pendidikan agama islam (pai) dalam membuat rekam medik pembelajaran (rmp) untuk mendiagnosis kemampuan siswa di sekolah,” inferensi, vol. 6, no. 2, p. 183, 2012, doi: 10.18326/infsl3.v6i2.183-204.
[9] R. Rukli and s. Hartati, “penerapan sistim pendukung keputusan dalam sistem pengujian computerized adaptive testing,” ijccs (indonesian j. Comput. Cybern. Syst., vol. 5, no. 3, p. 71, 2011, doi: 10.22146/ijccs.5215.
[10] D. Kusumawati and a. D. Cahyani, “penerapan metode fuzzy item response theory pada e-learning computerized adaptive test,” j. Simantec, vol. 4 issn 208, no. 2, p. 94, 2014.