Pelatihan Pembuatan Modul Ajar untuk Mempersiapkan Siswa Menghadapi Kurikulum Merdeka Pada SMK Negeri 5 Pekanbaru
Abstract
The independent curriculum requires the creation of teaching modules for vocational subject teachers, the modules are used in learning so that teachers can make them interactive learning media in teaching. Basically the module is made by the teacher with the aim of being able to concurrently teach materials, exercises for assessing knowledge, skills and attitudes of students. To make teaching modules does not require a lot of capital, teachers can use existing teaching materials and can be modified into modules later so that they are more economical and practical. Besides that, making teaching modules from existing teaching materials can maintain the authenticity of the files and further development in each subject that the teacher is capable of. Many teaching materials can be made into media modules such as light vehicle engine maintenance, light vehicle chassis maintenance and light vehicle electrical maintenance. The teaching modules created can later be applied to vocational subjects with the concept of following the regulations and rules of the independent curriculum
Abstrak
Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran mencapai capaian pembelajaran. Kurikulum merdeka mewajibkan untuk pembuatan modul ajar bagi guru mata pelajaran kejuruan, modul dipakai dalam pembelajaran sehingga guru dapat menjadikannya untuk media pembelajaran interaktif dalam mengajar. Pada dasarnya modul dibuat oleh guru dengan tujuan dapat merangkap bahan ajar, Latihan untuk penilaian pengetahuan, keterampilan dan sikap pada peserta didik. Untuk membuat modul ajar tidak membutuhkan modal yang banyak justru guru dapat memanfaatkan bahan ajar yang telah ada dan bisa dimodifikasi menjadi modul nantinya sehingga lebih ekonomis dan praktis. Selain itu membuat modul ajar dari bahan ajar yang sudah ada dapat menjaga keaslian file dan pengembahan lebih jauh pada setiap mata pelajaran yang guru ampu. Banyak bahan ajar dapat dibuat menjadi media modul seperti dari pemeliharaan mesin kendaraan ringan, perawatan sasis kendaraan ringan dan pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan. Modul ajar yang di buat nantinya dapat diterapkan pada mata pelajaran kejuruan dengan konsep mengikuti regulasi dan aturan dari kurikulum merdeka.
Downloads
References
Butarbutar, Poltak Efrisko. (2020). Kurikulum Merdeka Belajar. https://www.kompasiana.com/poltakbutarbutar8687/5e6b5006097f36798e4ca062/kurikulum-merdeka-belajar
Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8 (1)
Herlinawati, H., Marwa, M. & Syahdan, S. (2022). Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Penggunaan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Guru Madrasah Aliyah Darul Muqomah Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Mandiri 1 (12)
Kemendikbud. (2020a). Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar. www.kemdikbud.go.id.
Kemendikbud. (2020b). Program Upskilling dan Reskilling Guru Kejuruan Berstandar Industri. www.kemdikbud.go.id.
Sekretariat GTK. (2019). Mengenal Konsep Merdeka Belajar dan Guru Penggerak. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/mengenal-konsep-merdeka-belajar-dan-guru-penggerak
Syahdan, S. (2022). English Teachers’ Readiness in ICT Applications for 21st Century Learning. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6 (1), 20-30. DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.835
Syahdan, S., Herlinawati, H. & Marwa, M. (2021). Learning Media and Strategies Used by English Students in Practice Teaching during the Pandemic. ETERNAL (English Teaching Journal) 12 (2), 107-116