Pengaruh Faktor Budaya Terhadap Pembelian Minyak Goreng Kemsana (Studi Kasus Di Toko Dilka) Kota Pekanbaru

  • Lisna Widya Universitas Lancang Kuning
  • Dedi Zargustin Universitas Lancang Kuning
  • Asgami Putri Universitas Lancang Kuning
Keywords: Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Minyak Goreng Kemasan, Chi Square.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya terhadap perilaku konsumen dalam pembelian minyak goreng kemasan, di Toko Dilka Kelurahan Muara Fajar Barat Kecamatan Rumbai Barat Kota Pekanbaru.

            Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Accidental Sampling, jumlah responden yang diambil adalah 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah Uji Chi Square yang dibantu dengan Software SPSS Versi 22. Terdapat 5 variabel yaitu variabel faktor budaya, variabel faktor sosial, variabel faktor pribadi, variabel faktor psikologi dan variabel keputusan pembelian.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. H1 diterima dan H0 ditolak yang dimana nilai X2 hitung > H2 tabel ( 33,912 > 21,026) dan nilai Sig < 0,05 (0,001 < 0,05) yang artinya “Terdapat Pengaruh” yang signifikan antara faktor budaya terhadap perilaku konsumen dalam pembelian minyak goreng kemasan di Toko Dilka Kelurahan Muara Fajar Barat Kecamatan Rumbai Barat Kota Pekanbaru

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, Bobby D. W. I. 2019. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Kemasan Di Pasar MMTC Medan.” Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Asih Karimah. 2019. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Terhadap Pembelian Minyak Goreng Kemasan Di Kota Medan.” Universitas Sumatera Utara.
Awifa, Muta. 2017. “Analisis Faktor - Faktor Yang Memperngaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Tahu Di Kabupaten Jember.” Universitas Jember.
Ayunita, Dian, Nugraheni Nurmala, and Universitas Diponegoro. 2018. “Modul Uji Validitas Dan Reliabilitas.”
Buana. 2001. Dinamika Produksi, Permintaan Dan Harga Minyak Goreng Sawit Mentah. edited by PPKS. Medan.
Dian Puspitarini. 2013. “”Pengaruh Faktor Kebudayaan, Sosial, Pribadi, Dan Psikologi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Pizza (Studi Pada Pizza Hut Cabang Jalan Jenderal Sudirman No. 53 Yogyakarta).” Universitas Negeri Yogyakarta.
Dr. Nugroho J. Setiadi, S.E., M.M. 2019. Perilaku Konsumen. Ketiga. Jakarta: Prenamedia Group.
Fadhila Firdha dan Dwi Retno Andriani. 2011. “Analisis Faktor-Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Perolehan Kuantum Pemetik Teh (Studi Kasus Pada Pemetik Teh Perkebunan Teh Wonosari PT Perkebunan Nusantara XII (PERSERO)).” XXII.
Farah Zakia, Zakiah, Safrida. 2017. “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Minyak Goreng Curah Dan Minyak Goreng Kemasan Studi Kasus Pasar Peunayong Kota Banda Aceh.” 2(1).
Fauzi, Y, Dkk. 2007. Seri Agribisnis Kelapa Sawit Budidaya, Pemanfaatan Hasil, Limbah, Analisis Usaha Dan Pemasaran. Jakarta: Penebar Swadaya.
Fitriyah. 2016. “Analisis Perilaku Konsumen Dan Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Tempe Kacang Di Kabupaten Malang.” Universitas Jember.
Ghoni, Abdul. n.d. “Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologi Terhadap Perilaku Konsumen ( Studi Pada Pembelian Rumah Di Perumahan Griya Utama Banjardowo Semarang ).” 1–23.
Luh Kadek Pande Ary Susilawati, dkk. 2017. Bahan Ajar TEORI DAN KONSEP DASAR STATISTIKA DAN LANJUT Program Studi Psikologi. Denpasar.
Nilda Miftahul Janna. n.d. “Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS.” (18210047).
Nitisusastro, Mulyadi. 2012. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: AlfaBeta.
Nugroho, Sigit. 2008. Statistika Multivariat Terapan. 1st ed. Bengkulu: UNIB Press.
Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Manajemen. 6th ed. Bandung: AlfaBeta.
Sri Nurhasana. 2021. “Determinan Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Menggunakan Evaluasi Alternatif Sebagai Interving Pada Produk Minyak Goreng Kemasan Di Kota Yogyakarta.” Universitas Islam Indonesia.
V. Wiratna Sujarweni. 2020. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Published
2022-12-20
Abstract viewed = 163 times
PDF downloaded = 441 times