Aplikasi Metode ARIMA Dalam Meramalkan Rata-Rata Harga Beras Di Tingkat Perdagangan Besar (Grosir) Indonesia

  • Nabila Haryadi Universita Padjadjaran
  • Qanita Aulia Universitas Padjadjaran
  • Nabyla Audyna Universitas Padjadjaran
Keywords: ARIMA, Peramalan, Harga Beras

Abstract

Beras merupakan produk makanan pokok yang penting di Indonesia. Berdasarkan FAO, Indonesia menjadi negara penghasil beras terbanyak ketiga di dunia. Tetapi Indonesia masih perlu mengimpor beras karena Indonesia merupakan negara dengan konsumsi beras terbesar di dunia dan beras merupakan makanan pokok penduduk Indonesia. Oleh karena itu, untuk menjaga stabilitas cadangan dan harga beras di Indonesia, diperlukan gambaran beberapa bulan ke depan agar kestabilan kuantitas dan kualitas dari beras di Indonesia dapat dikondisikan. Peramalan menggunakan metode ARIMA dimana data yang digunakan adalah Data Rata-rata Harga Beras di Tingkat Perdagangan Besar atau Grosir di Indonesia dari bulan Januari 2017 hingga bulan Oktober 2021 yang bersumber dari BPS. Diperoleh model terbaik yaitu ARIMA(1,1,2). Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat menjadi tolak ukur bagi pemerintah supaya menjaga stabilitas cadangan dan harga beras yang merupakan salah satu komoditas terbesar yang dikonsumsi masyarakat Indonesia.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

As’ad, M. (2017). Peramalan Jumlah Mahasiswa Baru Dengan Model Autoregressive Integrated Moving Average (Arima).
Dima Ariq Fajari, M. F. (2021). Peramalan Rata-Rata Harga Beras Pada Tingkat Perdagangan Besar Atau Grosir Indonesia Dengan Metode Sarima (Seasonal Arima).
FAO. (2004). From https://www.fao.org/3/y4632e/y4632e0l.htm#TopOfPage
Namira, Y. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impor Beras Di Indonesia.
Pamungkas, M. B. (2018). Aplikasi Metode ARIMA Metode Box-Jenkins Untuk Meramalkan Kasus DBD di Jawa Timur.
Sendy Parlinsa Elvani, A. R. (2012). PERAMALAN JUMLAH PRODUKSI TANAMAN KELAPA SAWIT.
Tiara Dewi, M. A. (2016). Penggunaan Beberapa Model Peramalan (Forecasting) untuk Produksi Gula Kristal Putih di PT. Perkebunan Nusantara X.
Universitas, R. N. (2019). ANALISIS PERAMALAN RATA – RATA HARGA BERAS INDONESIA DI TINGKAT PERDAGANGAN BESAR ATAU GROSIR DENGAN METODE ARIMA
Published
2022-12-20
Abstract viewed = 368 times
PDF downloaded = 397 times