Analisis Loyalitas Konsumen Dalam Mengkonsumsi Es Krim IL TEMPO GELATO Di Yogyakarta

  • Yunias Pramatia Universitas Sebelas Maret
  • Minar Ferichani Universitas Sebelas Maret
  • Ernoiz Antriyandarti Universitas Sebelas Maret
Keywords: ice cream shop, binary logistic regression, kepuasan konsumen, kualitas pelayanan

Abstract

Perkembangan bisnis ice cream shop yang meningkat menuntut pelaku bisnis ice cream shop untuk dapat bertahan dan meningkatkan pasar. Salah satu pelaku bisnis ice cream shop adalah Il Tempo Gelato di Yogyakarta. Loyalitas konsumen menjadi acuan yang sangat penting bagi suatu usaha. Faktor yang dapat memengaruhi loyalitas konsumen adalah citra merek, kualitas pelayanan, harga, store atmosphere, cita rasa, kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis loyalitas kosumen dalam mengkonsumsi es krim Il Tempo Gelato di Yogyakarta. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode pengambilan lokasi dilakukan secara purposive dan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan sampel berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan pencatatan. Metode analisis data menggunakan Binary Logistic Regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, store atmosphere berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, cita rasa berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, serta kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen es krim Il Tempo Gelato di Yogyakarta   

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Fitrahdini, U, S., Rita, N. Jurnal Ilmiah Keluarga dan Konsumen. 2010. Vol 3 (1): 74-81.
[2] Barnes, James, G., 2003. Secrets of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan). Jakarta: Quantum Bisnis dan Manajemen.
[3] Lamidi. Analisis Loyalitas Konsumen Dalam Mengkonsumsi Produk Pemutih Wajah. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. 2007. Vol 7 (2): 94 – 104.
[4] Li, M., Green, R., Farazmand, F., Grodzki, E. Customer Loyalty Influencers on Three Types of Retail Stores' Shoppers. International Journal of Management and Marketing Research. 2012. Vol 5 (1): 1-19.
[5] Melysa Elisabeth Pongoh. Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya Terhadap Pelanggan Kartu AS Telkomsel di Kota Manado. Jurnal EMBA. 2013. Vol 1 (4): 86-94.
[6] Pratminingsih, S., Lipuringtyas, C., Rimenta, T. Factors Influencing Customer Loyalty Toward Online Shopping. International Journal of Trade, Economics and Finance. 2013. Vol 4 (3): 104-110
[7] Odunlami, B., Ibojo. Impact of Customer Satisfaction on Customer Loyalty: A Case Study of a Reputable Bank in Oyo, Oyo State, Nigeria. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR). 2015. Vol 3 (2): 59-69.
[8] Rahmaddiansyah, F. dan Utami, C., V. Analisis Loyalitas Konsumen terhadap Minuman Kopi Robusta di Kota Banda Aceh. Jurnal Agrisep. 2015. Vol 16 (2): 77-85.
[9] Hengestu, N., Iskandar, D. A. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. 2017. Vol 2 (3): 363-372.
[10] Miswanto, Angelia, Y. The Influence of Service Quality and Store Atmosphere on Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 2017. Vol 19 (2): 106–111.
[11] Nazir. 2014. Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
[12] Singarimbun, M., Effendi, S. 2008. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES
[13] Hengestu, N., Iskandar, D. A. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. 2017. Vol 2 (3): 363-372.
[14] Purnama, R., Hidayah, A, A. Tirtayasa Ekonomika. 2019. Vol 14 (2): 187-203.
[15] Sussanto, Damayanti. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Terhadap Loyalitas Konsumen. Prodi Manajemen ,Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma. 2008.
[16] Trianah, L., Pranitasari, D., & Zahrani M, S. Jurnal STEI Ekonomi. 2017. 26 (1): 105 – 122
[17] Budiastari, S. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia Vol. 2016. 7 (2): 345-362.
[18] Listiono, F., Sugiarto, S. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. 2015. Vol 1 (1): 1-9.
[19] Melysa Elisabeth Pongoh. Jurnal EMBA. 2013. Vol 1 (4): 86-94.
Published
2022-12-20
Abstract viewed = 387 times
PDF downloaded = 395 times