PENGARUH PSIKOLOGI RUANG PADA RUANG KELAS STRUKTUR 1 DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

  • Andrie Herdiansyah Universitas Lancang Kuning
  • Apriliana Hidayati Nurdin Universitas Lancang Kuning
  • Mutiara Yaumil Atika Universitas Lancang Kuning
Keywords: mahasiswa, motivasi belajar, psikologi, ruangan mahasiswa, ruangan

Abstract

Kondisi fisik ruangan belajar merupakan salah satu hal yang mempengaruhi keadaan mahasiswa ketika berada dalam ruangan saat melakukan aktifitas belajar. Adanya kondisi ruangan-ruangan yang berbeda di fakultas teknik universitas Lancang Kuning salah satunya di ruangan struktur 1 memberikan pengaruh tertentu terhadap aktifitas mahasiswa terutama saat proses belajar mengajar dimana kenyamanan termal, warna dinding dan fasilitas yang ada pada ruang dapat membuat mahasiswa menjalani proses belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisa terhadap ruangan-ruangan yang ada dengan studi literatur dan referensi yang ada. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat diketahui makna dan dampak dari desain ruang terhadap psikologi pengguna berdasarkan studi kasus pada fasilitas seperti ruang kelas struktur 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melakukan survei dengan membagikan kuesioner kepada responden yaitu mahasiswa saat berada dalam ruang kelas struktur 1, untuk melihat pengaruhnya terhadap proses belajar mengajar. Selanjutnya  membandingkan hasil survei dengan teori kenyamanan psikologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya beberapa hal yang perlu diperhatikan kembali seperti pencahayaan untuk ruangan tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andyna, A. c. (2020, maret 11). Data diperoleh melalui situs : https://economy.okezone.com/read/2012/06/22/472/651685/psikologidesaininterior Diunduh pada tanggal 2 Maret 2023

Bafadal, I. (2003). Seri manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah, manajemen perlengkapan sekolah teori dan aplikasi. Jakarta: PT. BumiAksara.

Ilhuoma, P. A. (2008). The Need for Effective Facility Management in Schools in Nigeria.

Indah, I., & Wardono, P. (2021). Co-living space: The shared living behavior of the millenial generation in Indonesia. ARTEKS: Jurnal Teknik Arsitektur, 6(2), 199-214.

Kesmas. (2020). Prinsip Kerja Ventilasi. Data diperoleh melalui situs : :http://www.indonesian-publichealth.com/prinsip-kerja-ventilasi/ Diunduh pada tanggal 2 Maret 2023

Pamungkas, P. (2019). Mengenal Universitas Ciputra, Kampus Pencetak Entrepreneur. Data diperoleh melalui situs : https://www.tribunnews.com/pendidikan/2019/11/28/tribunnewswiki-mengenaluniversitas-ciputra-kampus-pencetak-entrepreneur Diunduh pada tanggal 2 Maret 2023

Pertiwi, A. P., & Gunawan, A. N. (2016). Pengaruh Kenyamanan Visual Melalui Pencahayaan Buatan pada Masjid Syamsul Ulum Universitas Telkom, Bandung. Idealog: Ide dan Dialog Desain Indonesia, 1(2), 129-145.

Rahman Shaleh, A., & Wahab, M. A. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.

Rebecca. (2017). Memahami Pentingnya Psikologi Dalam Dekorasi Ruangan. Data diperoleh melalui situs : https://www.decodeko.co.id/blog/psikologi-dekorasi/ Diunduh pada tanggal 2 Maret 2023

Riadi, M. (2013). Motivasi Belajar. Data diperoleh melalui situs :

https://www.kajianpustaka.com/2013/04/motivasi-belajar.html Diunduh pada tanggal 2 Maret 2023

Santoso, B., Yuniarsih, T., Adman, A., & Sarino, A. (2017). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Manajemen Perkantoran. Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 16(2), 255-267.

Surasetja, R. I. (2000). Teori-teori Arsitektur Dunia Barat. FPTK UPI.

Tristan, P., Laurent, J., & Felicita, L. (2021, February). PENGARUH PSIKOLOGI RUANGAN BANGUNAN UNIVERSITAS CIPUTRA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. In SANDI: Seminar Nasional Desain (Vol. 1, pp. 45-51).

Van de Ven, C., Djokomono, I., & Widodo, M. P. (1991). Ruang dalam Arsitektur. PT Gramedia Pustaka Utama.

Published
2023-04-30
Abstract viewed = 247 times
PDF downloaded = 198 times