IDENTIFIKASI SARANA AKSESIBILITAS UNTUK PENYANDANG DISABILITAS DI UNIVERSITAS LANCANG KUNING MENURUT UNIVERSAL DESIGN

  • Parlindungan Ravelino Universitas Lancang Kuning
  • Heleni Filtri Universitas Lancang Kuning
  • Pinto Anugrah Universitas Lancang Kuning
  • Masda Ulfa Arianti Universitas Lancang Kuning
Keywords: Disabilitas, Aksesibilitas Bangunan, Universal Design, Design, Inclusive Design

Abstract

Pada tahun 2022 Universitas Lancang Kuning mendeklarasikan dirinya sebagai “Kampus Ramah Disabilitas”. Ke depannya Universitas Lancang Kuning diharapkan akan menjadi kampus ramah disabilitas dengan memberikan kesempatan penyandang disabililitas untuk menjadi mahasiswa dan belajar di Universitas Lancang Kuning. Kesamaan kesempatan belajar ini harus didukung dengan aksesibilitas, akomodasi yang layak, menambah alat bantu, menjamin pelayanan yang setara dan seharusnya melakukan pemberdayaan disabilitas. Aksesibilitas, akomodasi yang layak dan menambah alat bantu merupakan salah satu ranah dunia desain Arsitektur untuk memberikan sumbangan ide berupa desain yang dapat diterapkan di Gedung Perkuliahan dan Administrasi Universitas Lancang Kuning. Manusia dan Ruang adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, di mana ada aktifitas manusia, maka di situ ada ruang yang tercipta untuk bergerak. Ruang untuk penyandang disabilitas berbeda dengan manusia biasa. Maka dari itu penilitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aksesibilitas, akomodasi yang layak, dan alat bantu untuk penyandang disabilitas di Bangunan Gedung Perkuliahan dan Administrasi di Universitas Lancang Kuning. Metode penelitian dilakukan dengan studi literatur dan studi lapangan. Kesimpulan penelitian ini adalah berapa jumlah pemenuhan Aksesibilitas, Akomodasi yang layak, dan Alat Bantu untuk penyandang disabilitas di Bangunan Gedung Perkuliahan dan Administrasi di Universitas Lancang Kuning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiani Tauda, Y., Soedwiwahjono, S., & Putri, R. A. Kesesuaian Pemenuhan Kebutuhan Difabel Tunanetra dan Tunadaksa di Kota Surakarta terhadap Kriteria Kota Ramah Difabel. Region: Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif, 12(2), 181-193.

Anggraeni, A. D., Santosa, H., & Ramdlani, S. (2016). Aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas pada Terminal Purabaya–Surabaya. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur, 4(4), 1-8.

Ching, F. DK. (1987). Interior Design Illustrated. New York: Von Nostrand Reinhold Company

Dewi, A. P., Larasati, D., dan Adhitama, G. P. (2008). Indikasi Sick Building Syndrome (SBS) Pada Desain Dapur Rumah Sederhana S

Hikmah, T. L., Yusuf, M., & Sianturi, R. S. (2021). Kriteria Pengembagan Kampus Ramah Disabilitas di Universitas Airlangga. Jurnal Teknik ITS, 9(2), C147-C153.

Jefri, T. (2016). Aksebilitas Sarana dan Prasarana bagi Penyandang Tunadaksa di Universitas Brawijaya, IJDS:Indonesia Journal Of Disability studies, 3(1), 16-25.

Liritantri, W., Handoyo, A. D., Bazukarno, K. P., & Arnita, L. K. Evaluasi Terhadap Penerapan Desain Aksesibilitas Untuk Disabilitas Fisik di Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom. ARSITEKTURA, 19(2), 263-274.

Lukitasari, S., Sulasmono, B., & Iriani, A. (2017). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 121–134.

Masadhe, A. R., Sjamsuddin, S., & Amin, F. (2021). Manajemen Pelayanan Kampus Inklusif (Studi pada Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 7(1), 95-101.

Panero, J. (1979). Dimensi Manusia & Ruang Interior. Erlangga.

Permen PUPR No. 14/PRT/M/2017 Tahun 2017 tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung

Permenristekdikti Nomor 46 Tahun 2017 Tentang Pendidikan Khusus Dan Pendidikan Layanan Khusus Di Perguruan Tinggi.

Ravelino, P. (2022). Kajian Tingkat Kenyamanan dan Kemudahan Penggunaan Tangga di Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 2(1), 55-61.

Santoso, Y. B., Astuti, E. Y., Mulyanto, A., & Suandari, L. (2022). Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Pehahaman Persespsi dan Kendala Impementasinya bagi Mahasiswa Disabilitas. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1134-1139.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas.

Wandalia, N., & Dahlawi, D. (2022). Kebijakan Pemenuhan Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas Di Universitas Syiah Kuala Menuju Kampus Ramah Difabel. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 7(1).

Widyahantari, R., Alfata, M. N. F., & Hermawan, Y. (2013). Simulasi Ruang Gerak dalam Hunian Sederhana Berdasarkan Antropometri Manusia Indonesia (Menuju Standardisasi Perencanaan dan Perancangan Hunian Sederhana yang Ergonomis). Jurnal Standardisasi, 15(1), 36-46.

Published
2023-05-01
Abstract viewed = 215 times
PDF downloaded = 179 times