ANALISIS PROXEMICS PADA RUANG DALAM TOSERBA VIVA KOTA PEKANBARU

Keywords: Proxemics, Interior, Toserba, Inner Space, Pekanbaru, design

Abstract

Proxemics adalah teori yang membahas tentang ruang personal atau jarak antara ruang dalam dengan manusia. Jarak di ruang dalam akan memaknai perilaku dan cara berinteraksi dengan manusia di ruang dalam. Viva Toserba merupakan Toserba yang terletak di Kota Pekanbaru yang memiliki pengunjung tetap dengan intensitas kunjungan lebih dari tiga kali sehari dan durasi kunjungan bisa sampai 3 jam. Padahal Toserba merupakan ruang publik yang jarak atau wilayahnya diatur sedemikian rupa sehingga interaksi yang berlangsung di Toserba berlangsung cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ruang pribadi pengunjung di Viva Toserba. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara langsung untuk mendapatkan data secara objektif. Berdasarkan hasil analisis menggunakan teori proksemik yaitu personal space dipengaruhi oleh jarak status seseorang. Semakin dekat hubungan pengunjung dengan Toserba, semakin kecil jarak yang terbentuk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianti, M. U., & Darmawan, R. (2021, December). The Role of Creative Placemaking in Upscaling Bandung Mobile Tourism Information Center. In ICON ARCCADE 2021: The 2nd International Conference on Art, Craft, Culture and Design (ICON-ARCCADE 2021) (pp. 575-581). Atlantis Press.

Brown, N. (2001). Edward T. Hall, Proxemic Theory, 1966. CSISS Classics.

CEIC Data. 2023. Indonesia Pertumbuhan Penjualan Retail. Data diperoleh melalui situs internet: https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/retail-sales-growth Diunduh pada tanggal 25 Februari 2023

Euromonitor International. 2021. Retail in Indonesia Report. Data diperoleh melalui situs internet: , dari https://www.euromonitor.com/retail-in-indonesia/report , Diunduh pada tanggal 25 Februari 2023

Hall, E. T., & Hall, E. T. (1966). The hidden dimension (Vol. 609). Anchor.

Hariandini, T. B., & Maharani, Y. (2021, December). Coffee Shop Place Attachment during Covid-19 Pandemic in Bandung. In ICON ARCCADE 2021: The 2nd International Conference on Art, Craft, Culture and Design (ICON-ARCCADE 2021) (pp. 582-589). Atlantis Press.

Hariandini, T. B., & Maharani, Y. (2021). Korelasi antara Desain Coffee Shop dan Perilaku Konsumen di Era Pandemi Covid-19.

Insani Deanawati Wasilah. (2020): Analisa Proxemics pada Personal Space yang dibentuk oleh Retail Perhiasan di Paris Van Java Bandung. Data diperoleh melalui situs internet: https://binus.ac.id/bandung/2020/12/analisis-proksemik-pada-personal-space-yang-dibentuk-oleh-retail-perhiasan-di-paris-van-java-bandung/gori/nusantara/474128/perajin-keranjang-tembakau-berharap-pandemi-segera-berakhir. Diunduh pada tanggal 23 April 2023.

Lawson, B. (2007). Language of space. Routledge.

Ravelino, P. (2022). Kajian Tingkat Kenyamanan dan Kemudahan Penggunaan Tangga di Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 2(1), 55-61.

Sunyoto, D. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Caps, 128, 34.

Warren, S., & Brandeis, L. (1989). The right to privacy. In Killing the Messenger (pp. 1-21). Columbia University Press.

Published
2023-04-30
Abstract viewed = 82 times
PDF downloaded = 67 times