TINJAUAN UKURAN TANGGA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS LANCANG KUNING TERHADAP STANDAR ANTROPOMETRI

  • Masda Ulfa Arianti Universitas Lancang Kuning
  • Isrina Indah Universitas Lancang Kuning
Keywords: tangga, gedung, antropometri, interior, desain

Abstract

Universitas Lancang Kuning atau yang biasa dikenal sebagai Unilak merupakan Universitas Swasta yang berada di Pekanbaru Riau. Kampus ini memiliki Sembilan fakultas, termasuk diantaranya Fakultas Teknik. Gedung Fakultas Teknik memiliki 2 tingkat yang diakses menggunakan tangga. Sebagai fasilitas Pendidikan, tangga yang merupakan sarana sirkulasi vertikal yang perlu memenuhi standar ukuran untuk ruang publik. Standar ukuran atau dikenal dengan antropometri digunakan sebagai landasan peninjauan dalam faktor kenyamanan ruang. Tulisan ini berbentuk tinjauan lapangan terhadap kondisi eksisting dan dibandingkan dengan standar ukuran sebagai faktor kenyamanan pada akses utama Gedung Pendidikan. Tujuannya sebagai bahan evaluasi terhadap kampus agar dapat memiliki akses sirkulasi vertikal yang nyaman dan memenuhi standar antropometri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M. S. (2022). ANALISA PELAKSANAAN SERTIFIKAT LAIK FUNGSI BANGUNAN GEDUNG RUSUNAWA POLITEKNIK NEGERI PONTIANAK. JURNAL RETENSI, 3(1), 27-33.

Bridger R.S. 1995. Introduction to Ergonomi. Singapore: Mc. Graw – Hill International

Cahyadi & Soeprapto, Aplikasi Data Antropometri pada Perancangan Produk Furnitur, Malang: CV Literasi Nusantara Abadi, 2021

Dharmawan, R. T. (2019). Perancangan Fasilitas Akses untuk Lansia dengan Mempertimbangkan Aspek Ergonomi di Rusunawa Penjaringan Sari 3 Surabaya.

Helander, M., 2006. A Guide to Human Factors and Ergonomics, second edition, New York: CRC Press

Moore, M. Susan. (2011). Practical Demonstrations for Ergonomic Principles. NIOSH: Department of Health and Human Service.

Juliano, F., Salmia, L. A., & Septiari, R. (2022). PERANCANGAN TANGGA PRAKTIS PADA BODY PINTU GERBONG KERETA API YANG ERGONOMIS. Jurnal Valtech, 5(2), 115-118.

Norfiza, Z. Infi. (2011). Perancangan Alat Belajar dan Bermain Yang Ergonomis Di Taman Kanak-Kanak Islam Permata Selat Panjang. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. [Online].(10)1. pp. 48-58. Available :http://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/view/1249/81061.

Panero, Julius & Zelnik, Martin. Human Dimension and Interior Space. Jakarta: Erlangga, 1979.

Ravelino, P. (2022). Kajian Tingkat Kenyamanan dan Kemudahan Penggunaan Tangga di Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 2(1), 55

Sanders, M.S. and McCormic, E.J. 1987. Human Factors in Engineering and Design. USA: McGrawHill-Book Company

Published
2023-05-02
Abstract viewed = 153 times
PDF downloaded = 146 times