PELATIHAN EKTRAKURIKULER SISWA DENGAN MULTIMEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE

  • Loneli Costaner Universitas Lancang Kuning
  • Guntoro Universitas Lancang Kuning
  • Lisnawita Universitas Lancang Kuning
Keywords: Ektrakurikuler, Pelajaran, Multimedia, Videoscribe Sparkol

Abstract

Kegiatan-kegiatan dalam dunia pendidikan ada secara formal dan juga non formal, kegiatakan non fomal misalkan dengan adanya kegaitan ektrakulikuler. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran Sekolah. Kegiatan dari ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan pada seni, olahraga, pengembangan kepribadian, dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari siswa-siswi itu sendiri. Sekolah Smart Indonesia memiliki kegiatan ekrakurikuler berbasis saint teknologi yang dilaksanakan untuk menumbuhkan semangat dan kreatifitas belajar. Adapun salah satu kendala pada mitra, dimana mitra belum memahami peran multimedia yang mengakibatkan kurang nya minat dalam belajar saint teknologi. Hal lain yang juga hadapai oleh mitra, dimana peserta didik belum mampu mengembangkan kegaitan ekrakurikuler berbasis saint teknologi yang mengikuti perkembangan dunia digital. Dengan demikian solusi yang dapat diambil guna mengakomodir kendala tersebut dengan memberikan pelatihan dengan tahapan dan prosedur pelatihan yang intraktif dan fasilitas yang memadai, kemudian memberikan pelatihan multimedia sparkol videoscribe guna menumbuhkan semangat dan kreatifitas peserta didik. Adapun metode yang digunakan untuk meningkatkan semangat dan kreatifitas peserta didik yaitu dengan menyiapkan tempat pelatihan, sarana modul, komputer dan smartphone android, diawali dengan ceramah dan kemudian praktek  kepada peserta. Hasil dari pengabdian masyarakat ini berupa peningkatkan pemahaman dan kreatifias siswa dan siswi dalam dunia teknologi multimedia sparkol videoscribe, hal ini dapat dilihat pada saat seebelum pelatihan pemahaman peserta pelatihan dan setelah melaksanakan pelatihan pemahaman peserta akan dievaluasi. Harapannya dengan pelatihan ini peserta didik akan mendapatkan mengalaman baru dan pengembangan diri untuk melanjutkan pendidirkan yang akan datang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, S., & B, H. K. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 6 Jeneponto. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 2(2), 85–90. http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/428

Dimyati A, M., Suwardiyanto, D., Yuliandoko, H., & Arief W, V. (2018). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daring (on Line) Bagi Guru Dan Siswa Di Smk Nu Rogojampi. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 96–100. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v2i2.565

Rahayu, M., & Masniladevi, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sparkol Videoscribe terhadap Komunikasi Matematis Materi Faktor Dan Kelipatan Bilangan Kelas IV SDN 04 Pasar Surantih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 2239–2249. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/702

Siswanto, D., Sadar, M., & Nijal, L. (2021). Bahan Ajar Menggunakan Sparkol Videoscribe Berbasis Multimedia untuk Technoprenuership Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan pada jenjang strata satu mewajibkan tenaga pendidik dan peserta didik jauh lebih kreatif , kreatifitas yang tinggi dari anak di. Journal of Computer Science Community Service, 1(1), 56–62.

Syarief, F., Utomo, K. P., Rukiastiandari, S., Widiarina, W., & Yunita, Y. (2021). Peran Teknologi Daring Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Pada Warga Rt.010 Tegal Parang. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Published
2023-01-03
How to Cite
Costaner, L., Guntoro, & Lisnawita. (2023). PELATIHAN EKTRAKURIKULER SISWA DENGAN MULTIMEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 49-57. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i1.10761
Abstract viewed = 99 times
PDF downloaded = 76 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>