Persepsi siswa terhadap penggunaan media pada pembelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah, pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran. Hal ini sesuai dengan amanah Permendikbudristek No.16 Tahun 2022 tentang standar proses pasal 9. Media pembelajaran juga sebagai sarana bagi guru untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Untuk itu perlu dilakukan penenlitian penggunaan media pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan persepsi siswa terhadap media yang digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMKN Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Responden dalam penelitian ini sebanyak 81 orang yang terdiri dari kelas X, XI, dan XII. Instrumen yang digunakan berupa angket terbuka dan tertutup. Angket tersebut terdiri dari 1 pertanyaan pada angket terbuka dan 13 butir pernyataaan pada angket tertutup. Angket penelitian ini mencakup 4 aspek yaitu (1) aspek penggunaan media, (2) Sikap Siswa Terhadap Penggunaan Media, (3) Frekuensi Penggunaan Media, dan (4) Manfaat Media. Dengan beberapa indikator disetiap aspeknya. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi siswa dinilai baik terhadap penggunaan media. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru dalam peningkatan penggunaan media dalam pembelajaran bahasa Indonesia kedepannya.