Pengaruh Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Pemahaman Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Narasi

  • Sigit Widiyarto
Keywords: Metode STAD, Pemahaman struktur kalimat, Keterampilan menulis narasi

Abstract

Pembelajaran bahasa menentukan tingkat kemahiran untuk berkomunikasi. Bahasa sebagai alat
komunikasi sangat memagang peranan penting dalam kehidupan manusia Keterampilan bahasa
lisan dan tulisan dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya metode pengajaran dan
pemahaman kalimat. Siswa lebih banyak diberi bekal pengetahuan bahasa daripada dilatih
menggunakan bahasa. Dalam belajar bahasa, ada empat aspek keterampilan berbahasa yang
harus dipelajari, yaitu keterampilan membaca, keterampilan menulis, keterampilan menyimak,
dan keterampilan berbicara. Namun, dalam praktiknya teori-teori kebahasaan lebih banyak
dipelajari daripada keterampilan berbahasa. Padahal, teori-teori kebahasaan digunakan untuk
menunjang keterampilan berbahasa baik yang disampaikan secara tulisan maupun secara lisan.
Keempat aspek keterampilan berbahasa tersebut dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu
keterampilan reseptif dan keterampilan produktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh metode Teams Achievment Division dan pemahaman struktur kalimat terhadap
keterampilan menulis Bahasa kalimat narasi. Metode penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan analisis dua jalur (Anova). Data di lapangan memakai hasil tes. Sampel
diambil pada kelas VII SMP Swasta Future Gate Jatikramat Kota Bekasi. Jumlah siswa pada
kelas kontrol dan eksperimen sebanyak 50 siswa. Berdasarkan analisis data yang dihitung
dengan memakai SPSS 22 dapat disimpulkan : 1) Terdapat pengaruh signifikan metode Student
Teams Achievment Division( STAD ) terhadap keterampilan menulis. 2) Tidak terdapat Pengaruh
Struktur Kalimat terhadap Keterampilan menulis narasi. . 3). Tidak terdapat pengaruh Metode
STAD dan pemahaman struktur kalimat secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis
narasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-20
How to Cite
Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Pemahaman Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Lectura : Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.285
Abstract viewed = 380 times
Pdf downloaded = 0 times