Kinerja Pegawai pada Pelayanan Penerbitan Sertipikat Hak Atas Tanah Pasca Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Kantor Pertanahan Kabupaten Indragiri Hulu)

  • Azwar Anas Universitas Terbuka
  • Adianto Universitas Riau
  • Agus Priyanto Universitas Terbuka
Keywords: kinerja, covid 19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai pada pelayanan penerbitan sertifikat hak atas tanah pasca pandemi covid 19. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data dari wawancara, observasi dan dokumentasi dan dianalisis. Hasil penelitian menemukan bahwa Kinerja Pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Indragiri Hulu Pelayanan Penerbitan Sertipikat Hak Atas Tanah ini masih dalam kategori belum optimal, hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan kinerja pegawai pada pelayanan penerbitan sertipikat hak atas tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Indragiri Hulu. Untuk menyelesaikan permasalahan ketepatan waktu pada pelayanan penerbitan sertipikat hak atas tanah, Kantor Pertanahan Kabupaten Indragiri Hulu dapat melakukan pembenahan-pembenahan informasi secara transparan kepada masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armstrong, M. a. (1998). Performance Management–The New Realities. London: Institute of Personnel and Development.
Basri¸ A. F. M., d. R. (2005). Performance appraisal. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Creswell, J. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design (Choosing Among Five Approaches) - 2nd Ed. California: Sage Publications, Inc.
Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penj. Achmad Fawaid. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dessler, G. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid 1. Jakarta Barat: PT Indeks.
Dessler, G. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.
Dharma, S. (2012). Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dr.H.A. Hussein Fattah, M. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai : Budaya Organisasi, Perilaku Pemimpin dan Efikasi Diri. Yogyakarta: Elmatera.
Dwiyanto, A. (2006). Mewujudkan Good Geovernance Melalui Pelayanan Public. Yogyakarta: UGM Press.
Haidir. (2013). Analisis Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. e-Jurnal Katalogis, hlm 107-115.
Hamdi, A. S. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Hamdi, M., & Siti, I. (2016). Buku Materi Pokok : Metodologi Penelitian Administrasi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Handoko, T. H. (2012). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Harlie, M. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Negri Sipil Pada Pemerintah Kabupaten tabalong Di Tanjung Kalimantan Selatan. Vol 10. No 4. Desember.
Hasibuan Malayu, S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hasibuan, M. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jones, G. R. (2012). Understanding and Managing. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Kusumastuti, A. d. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Lawrence, N. W. (2000). Sosial Research Methods: Qualitative and Quantitative, pproaches. Boston: Allyn and Bacon.
Mahdi, S. (2011). Analisis Kinerja Pegawai Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan kabupaten Aceh Tamiang (Tesis). Aceh: Universitas Terbuka.
Makin, M. d. (2010). Manajemen Pendidikan Islam (Transformasi Menuju Sekolah/Madrasah Unggul). Malang: UIN-Maliki Press.
Mangkunegara. (2011). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, A. A. (2005). Manajemen Sumber daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Menteri ATR/Kepala BPN. (2010). Peraturan Kepala BPN Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan dan Pengaturan Pertanahan. Jakarta: Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia.
Menteri ATR/Kepala BPN. (2018). Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN No 7 Tahun 2018 tentang PPNPN di Lingkungan Kementerian ATR/BPN. Jakarta: Direktur Jendral Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM RI.
Menteri ATR/Kepala BPN. (2020). Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN No 17 Tahun 2020 Tentang Struktur Organisasi Kanwil dan Kantah. Jakarta: Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM RI.
Morgan, C. d. (1994). Total Quality Management in the Public Sector: An Interactive Perspective. Buckingham: Open University Press.
Mukarom, Z. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik : menuju Clean Government dan Good Governance. Bandung: Pustaka Setia.
Panggabean, M. S. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pemerintah Indonesia. (1960). Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Pokok-Pokok Agraria. Jakarta: Sekretariat Negara.
Pemerintah Indonesia. (1997). Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. Jakarta: Sekretariat Negara.
Pemerintah Indonesia. (2014). Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Lembaran Negara Ri Tahun 2014 No 6. Jakarta: Sekretariat Negara.
Prawirosentono, S. (2004). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Rineka Cipta.
Priansa Donni Juni. (2018). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.
Priansa, D. J. (2018). Manajemen Kinerja Kepegawaian. Bandung: Pustaka Setia.
Robbins, S. P. (1996). Perilaku Organisasi Edisi ke 7 (Jilid II). Jakarta: Prehallindo.
Robbins, S. P. (2001). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid 1, Edisi 8. Jakarta: Prenhallindo.
Sangsun, F. S. (2007). Tata Cara Mengurus Sertifikat Tanah. Jakarta: Visimedia.
Singarimbun, M. d. (1995). Metode Penelitian Survey. Jakarta: PT Pustaka LP3ES.
Subroto, T. I. (2008). Analisis Kinerja Pegawai Kantor Pertanahan Kota Semarang (Tesis). Semarang: Universitas Diponegoro.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno, E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tongkala, L. K. (2011). Analisis Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Publik di Kecamatan Gu Kabupaten Buton (Tesis). Kendari: Universitas Terbuka.
Wahyuni, S. (2012). Qualitative research Method: Theory and Practice. Jakarta: Salemba Empat.
Wijono, S. (2010). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Kencana
Published
2023-05-28
How to Cite
Azwar Anas, Adianto, & Agus Priyanto. (2023). Kinerja Pegawai pada Pelayanan Penerbitan Sertipikat Hak Atas Tanah Pasca Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Kantor Pertanahan Kabupaten Indragiri Hulu). Jurnal Niara, 16(1), 198-210. https://doi.org/10.31849/niara.v16i1.14099
Section
Articles
Abstract viewed = 97 times
PDF downloaded = 69 times

Most read articles by the same author(s)