Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Pembelajaran Berbasis Alam pada Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung setelah dilakukan melalui pembelajaran berbasis alam anak usia 5-6 tahun di KB Pelangi. Lokasi penelitian dilaksanakan di KB Pelangi alamatnya di Jl. Serda Canis LK. 1 Talang Ilir RT.03 RW.01, Kelurahan Sukamoro, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin. Adapun populasi berjumlah 71 anak dan sampel penelitiannya anak kelompok B khususnya di kelas B2 yang berjumlah 14 anak dimana terdapat 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan dengan rentang usia antara 5-6 tahun. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan model penelitian tindakan menurut Kemmis and Taggart yang berfokus pada kemampuan berhitung anak. Hasil penelitian tentang kemampuan menulis permulaan anak di siklus I memperoleh rata-rata tingkat capaian perkembangan (TCP) skor 10 dikategori mulai berkembang. Selanjutnya terlihat di siklus I skor rata-rata tingkat capaian perkembangan (TCP) kemampuan berhitung anak memperoleh skor 30,93 dan di prasiklus skornya 20,93 hal ini menunjukkan adanya peningkatan. Sedangkan di siklus II kemampuan berhitung keseluruhan anak sebesar 41,64 dikategori berkembang sangat baik. Sehingga di siklus II terjadi peningkatan sebesar 10,71. Sehingga disimpulkan pada akhir siklus II, penelitian dikatakan berhasil karena kriteria keberhasilan sudah tercapai sesuai kesepakatan peneliti bersama kolabolator.
Downloads
References
Agustini, Rini, dkk. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Alam di TK Sekolah Alam Bandung. Jurnal EDUKIDS. Vol.15, No.1
Amaliya, Reni & Anung Dryas M. (2020). Pembelajaran Berbasis Alam untuk Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling: Mitra Ash-Shibyan. Volume 03, Nomor 02.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Fara, Fiska dkk. (2020). Kajian Penerapan Permainan Bowling Berbahan Bekas Pada Kemampuan Berhitung Permulaan Anak. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini: Cahaya PAUD. Volume 03, Nomor 01.
Jiwaningrum, Susmiyati & Suryono Yoyon. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol.1 No.2
Ikawati, dkk. (2017). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, Volume 2, Nomor 2.
Yogi Yunefri, Zamzami , Heleni Filtri, Sri Wahyuni, Ledya Oktavia Liza, Psychological climate: conditioning for student organizational disease, Journal of Public Health, Volume 45, Issue 2, June 2023, Pages e387–e389, https://doi.org/10.1093/pubmed/fdad011
Nurliana Nasution, Yuvi Darmayunta, & Wahyuni, S. (2023). SOSIALISASI APLIKASI PELAPORAN TITIK SAMPAH (STUDI KASUS KELURAHAN LIMBUNGAN PEKANBARU) . J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 3(1), 40-48. https://doi.org/10.31849/jcoscis.v3i1.12253
Dwirianto, S., & Sri Wahyuni. (2022). Learning Motivation of Children: Viewed from the Socio-Economic Aspect . PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(01), 1-7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.11110
Putri, A. A., Fadillah, S., & Wahyuni, S. (2021). SOSIALISASI KARTU MENUJU SEHAT (KMS) ONLINE DI KECAMATAN RUMBAI PESISIR. Jurnal ABDI PAUD, 2(2), 44–47. https://doi.org/10.33369/abdipaud.v2i2.19607
Malapata, E., & Wijayaningsih, L., (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi. Vol.3, No.1
Mc Lennan, D.P.,(2017). Math Learning and a Touch of Science in the Outdoor World. Teaching Young Children. 10 (4).
Miller, dkk. (2014). How Play in a Nature Explore Classroom Supports Preschool and Kindergarten-Age Childs Math Leraning : A Single Case Study at an Early Education Program in Nebraska. (Online).
Morrison, G.S. (2012). Dasar- Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Terjemahan Suci Romadhona & Apri Widiastuti). New Jersey: Pearson Education, Inc.(Buku asli diterbitkan tahun 2008)
Mulyani. (2021). Peningkatan Kemampuan Kreativitas Anak Melalui Permainan BITOJAWA DI RA Fatimah Palembang Pada Usia 5-6 Tahun Kelompok B. Skripsi: Universitas PGRI Palembang
Nurhayati, Siti dkk. (2020). Perkembangan Interaksi Sosial Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Congklak pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Buah Hati, Vol 7 Nomor 2.
Nurjanah, Novita Eka. (2020). Pembelajaran STEM Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, Volume 5 Nomor 1.
Nurlela, S. (2015). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Jamuran di TK AL-Manshuriyyah.
Sanjaya, Wina. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipons Daily Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.4, No.2
Suhadad, Idad. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi.(2019). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksa
Suyadi & Dahlia. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Bandung PT Remaja Rosdakarya.
Syukur, Abdul & Fallo, T.Y., (2019). Peningkatan Kemampuan Anak dalam Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Vol.6, No.1
Winarni, Widi Endang. (2018). Penelitian Kuantitatif, Kualitatatif, PTK, R&D: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Wulansari, Yulia Betty & Sugito. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Alam untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol.3 No.1
Copyright (c) 2023 suratmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.