PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI IBU YANG BEKERJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perkembangan emosional anak usia dini usia 5-6 tahun ditinjau dari Ibu yang bekerja di kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif . Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Kesimpulan penelitian adalah bahwa perkembangan emoisonal anak usia 5-6 tahun di tinjau dari ibu bekerja berkembang baik. Namun tidak semua kebutuhan sang anak dapat dipenuhi oleh ibu kandungnya disebabkan sang ibu sedang bekerja, walaupun keberadaannya di samping anak tidak tergantikan. Maka disinilah peran penting seorang ibu pendamping dalam menggantikan posisinya sebagai ibu sejati. Untuk itu perlu kriteria untuk ibu Pendamping.
Downloads
References
Agus Sujanto, Halem Lubis, Taufik Hadi. 2005. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.
Anoraga. 2001. Psikologi Kerja. Jakarta. Rineka Cipta.
Anas Sujiono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press. Arikunto. 2006. Manajemen Penelitian. Jakarta: Depdikbud.
Andriani, R., & Wahyuni, S. (2021). Identifikasi Persepsi Mahasiswa dan Hambatan dalam Perkuliahan Daring Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 397–404.
Andriani, R., Wahyuni, S., & Mardiyana, L. (2023). Implementasi Hybrid Learning Pada Era Post-Pandemic di Fakultas Pendidikan dan Vokasi Universitas Lancang Kuning. Jurnal Pendidikan, 11(2), 251–260.
Bastian, A., Nasution, J. A., & Wahyuni, S. (2022). Teacher Performance Under the Influence of Training, Work Motivation and Teacher Competence. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3601–3612.
Bastian, A., & Wahyuni, S. (2017). Sosialisasi Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini di TK Baiturrahman Pekanbaru. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Bastian, A., Wahyuni, S., Liza, L. O., Kasriyati, D., Situmorang, D. D. B., & Ifdil, I. (2023). Emotional Intelligence and Job Stress: In Its Influence on Teachers’ Performance. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 7(4), 144–154. https://doi.org/10.23916/0020220741040
Bastian, A., Wahyuni, S., & Putra, E. M. (2022). Evaluasi Program dan Manajemen Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini. LPPM UNIVERSITAS LANCANG KUNING.
Cendekia, P. M. (2022). SOSIALISASI LITERASI DIGITAL BAGI ORANG TUA DAN GURU PAUD MUTIARA CENDEKIA DIGITAL LITERACY SOCIALIZATION FOR PARENTS AND TEACHERS OF Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakkan das. 3(1).
Devi, S., Simanjuntak, H., Wahyuni, S., & Atika, A. (2023). 2023-buku cerita-3.+Sri+Devi. 2(1), 23–34.
Dinata, M., Ramadansur, R., Bastian, A., & Wahyuni, S. (2023). Identifikasi Kemampuan Guru PAUD sebagai Guru Penggerak di Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6303–6312.
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. RemajaRosdakarya
Depdikbud.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka
Goleman, Daniel. 2006. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hidayat. 2002. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta
Kartini Kartono, (2007). Perkembangan Psikologi Anak. Jakarta: Erlangga.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 85. 2009. StandarPendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan.
Rosmala Dewi.2005. Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan.
Solehuddin. 2000. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: UPI Press. Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Syamsu Yusuf. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sarlito Wirawan Sarwono. 2005. Pengantar Umum Psikologi. Jakarta. Bulan Bintang.
Handoko, Hani, T. 2001. “Manajemen Personalia dan Sumber Daya
Manusia”Edisi 2.BPFE.Yogyakarta.
Woolfson, Richard. 2004. Saudara Kandung. Jakarta: Erlangga.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.