LITERASI MEDIA BARU MAHASISWA FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM RIAU
Abstract
Abstrak
Penelitian ini berjudul Literasi Media Baru Mahasiswa Falultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat literasi media baru Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan objek penelitian literasi media baru Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau dengan responden berjumlah 89 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi media baru Mahasiswa Fakutas Agama Islam Universitas Islam Riau berada pada kategori sangat baik dengan persentase 79,81%. Hasil analisis data responden menunjukkan bahwa secara keseluruhan literasi media baru Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Islam Riau untuk masing-masing indikator berada pada kategori sangat baik hanya saja dengan persentase yang berbeda-beda. Jika dijabarkan per indikator maka didapatkan bahwa kemampuan tertinggi berada pada indikator Performance yaitu 84,41%. Kemudian di posisi ke dua yaitu indikator Play dengan persentase sebesar 82,96%. Di posisi ke tiga adalah indikator Networking dengan persentase sebesar 82,68%. Posisi ke empat adalah Visualisation dengan persentase sebesar 82,23%. Posisi ke lima dan ke enam ada pada indikator Distributed Cognition dan Transmedia Navigation dengan persentase masing-masing sebesar 81,60% dan 80,34%. Posisi ke tujuh adalah Negotiation dengan persentase sebesar 80,13%. Sisanya juga termasuk dalam kategori sangat baik namun dengan persentase di bawah 80%, yaitu di posisi delapan dan sembilan yang di tempati oleh Simulation dan Appropriation dengan persentase masing-masing sebesar 79,14% dan 78,93%. Indikator Judgment dengan persentase sebesar 78,00%, Collective Intelligence dengan persentase sebesar 77,67% dan peringkat terbawah ada pada indikator Multitasking dengan persentase sebesar 77,53%.
Kata kunci: Literasi Media Baru, Mahasiwa Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Riau
Abstract
The title of this research is new media literacy of undergraduate student in Faculty of Islamic Studies, Islamic University of Riau, Pekanbaru. This study aims to identify the level of new media literacy amongst students. This study conducts descriptive qualitative method by distributing questioner to 89 students and describing the result thoroughly. There are 12 indicators examined: performance, play, networking, visualization, distributed cognition, transmedia navigation, negotiation, simulation, appropriation, judgment, collective intelligence, and multi tasking. The result shows that students’ new media literacy is good. Around 79,81% students are able to perform new media literacy well. From all indicators, “performance” placed the highest score around 84,41% followed by play (82,96%), networking (82,68%), visualisation (82,23%), distributed cognition (81,60%), transmedia navigation (80,34%), negotiation (80,13%), simulation (79,14%), appropriation (78,93%), judgment (78,00%), collective intelligence (77,67%) and multitasking (77,53%).
Keyword: New Media Literacy, Undergraduate Student in Faculty of Islamic Studies, Islamic University of Riau
Downloads
References
Baran, Stanley J. 2012. Pengantar Komunikasi Massa: Melek Media dan Budaya. Jakarta: Erlangga.
Danim, Sudarman. 2007. Metode Penelitian untuk Ilmu-Ilmu Prilaku. Jakarta: Bumi Aksara.
Islaminingsih, Riski Nur; Erwina, Wina; Rohman, Asep Saeful. 2012. “Literasi Informasi dan Media bagi Siswa dalam Menunjang Pengerjaan Tugas Sekolah.” eJurnal Mahasiswa Universitas Padjajaran: Vol.1 No.1. http://jurnal.unpad.ac.id/ejournal/article/view/1507/pdf. Diakses Rabu, 14 Maret 2018 Pukul 16:21
Lasa Hs. 2009. Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Lien, Diao Ai. 2014. Literasi Informasi: 7 Langkah Knowlaedge Management. Jakarta: Universitas Atma Jaya.
Mutmainah, Anna. 2017. “Tingkat Literasi Media Mahasiswa Komunikasi Surakarta tentang Pemberitaan Kopi Beracun Sianida di TV One (Studi Kasus Mahasiswa Komunikasi UNS, UMS, dan IAIN Surakarta).” Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Rijjal, Muhamad Nurur. 2015. “Tingkat Kemampuan Literasi Media Baru Mahasiswa Universitas Riau.” Jom FISIP Volume 2 No.1 Februari 2015. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=294853&val=6444&title=Tingkat%20Kemampuan%20Literasi%20Media%20Baru%20Mahasiswa%20Universitas%20Riau. Diakses Kamis, 22 November 2018 Pukul 16:15.
Romli, Asep Syamsul M. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola. Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia.
Siregar, Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Prenada Media.
Siyamitri, Puty. 2015. “Literasi Media Internet pada Kalangan Guru Menengah Kejuruan di Kota Medan.” Jurnal Simbolika Vol. No. 2. https://jurnalsimbolika.files.wordpress.com/2016/04/puty-siyamitri.pdf. Diakses Rabu, 14 Maret 2018 Pukul 16:27.
Yulianti, Retno. 2013. Literasi Informasi Pemustaka di Perpustakaan STMIK AKOM Yogyakarta berdasarkan Model The Seven Pillars. Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga. http://digilib.uin-suka.ac.id/9011/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf. Diakses Senin, 28 Mei 2018 Pukul 08:53.
Yusup, Prawit M. 2016. Ilmu Informasi, Komunikasi dan Kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara
Copyright (c) 2019 Author and Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
1. Jurnal Pustaka Budaya is an electronic journal that freely available. Papers that submitted to this journal are published under the terms of the Creative Commons License. The terms of the license are:
- Attribution. The licensor permits others to copy, distribute, display, and perform the work. In return, licensees must give the original author credit.
- Noncommercial. Others permits to copy, distribute, display, and perform the work as long as not use the work for commercial purposes — unless they get the licensor's permission.
- No Derivative Works. The licensor permits others to copy, distribute, display and perform only unaltered copies of the work -- not derivative works based on it.
The full terms of the Creative Commons License please see at their Web site.
No claim on copyright is made by the publisher. Persons or publishers wishing to download a paper for whatever use (other than personal study) must contact the author for permission.
2. However, in submitting to Jurnal Pustaka Budaya, authors agree to their paper being published under the terms set out above.
3. It is assumed that, when an author submits a paper to Jurnal Pustaka Budaya, he or she is the legal copyright holder and no other claim to the copyright exists.