ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA BANNER IKLAN INOVASI LAYANAN PERPUSTAKAAN KOTA YOGYAKARTA TERHADAP REPRESENTASI PEREMPUAN
Abstract
Layanan perpustakaan merupakan sebuah hal yang sangat vital bagi pemustaka dan bagi perpustakaan itu sendiri. Perpustakaan sebagai sumber informasi perlu melakukan promosi untuk menjembatani layanan yang dimiliki kepada pemustaka. Salah satu bentuk media promosi layanan perpustakaan adalah melalui banner. Perpustakaan Kota Yogyakarta sebagai perpustakaan yang termasuk aktif dalam melakukan inovasi layanan, menjadi menarik untuk dikaji mengingat perpustakaan tersebut menggunakan nama-nama yang identik dengan nama-nama perempuan untuk dijadikan akronim inovasi layanannya. Penelitian ini mengkaji relasi antara Iklan inovasi layanan Perpustakaan Kota Yogyakarta dengan representasi perempuan melalui analisis semiotika Roland Barthes. Hasilnya menunjukkan bahwa 1) perempuan memiliki sifat-sifat berupa kebaikan hati dalam bentuk kepedulian akan pendidikan untuk anak-anak; 2) Perempuan memiliki sifat-sifat feminisme yang mewujud dalam hal kecantikan, 3) Perempuan memiliki potensi untuk menjadi wanita yang juga bisa sukses, bisa terkenal, populer, dan memiliki beberapa talenta yang di antaranya meliputi: bermain alat musik, menyanyi, menjadi model, bermain sinetron hingga film. Adapun Kritik yang muncul dari perspektif peneliti adalah bahwa (nama-nama) perempuan dijadikan sebagai nama-nama layanan. Artinya relasi perempuan dan layanan dibuat semakin dekat, lekat, dan menyatu. Hal ini bisa membuat pemikiran bahwa perempuan adalah pelayan. Meskipun perempuan memiliki potensi, kemampuan terpendam, atau beberapa bakat yang ada di dalamnya namun tetap saja pada dasarnya perempuan adalah pelayan.
Downloads
References
A.A. Ngr Anom Kumbara. (2018). Genealogi Teori dan Metodologi di Cultural Studies. An1mage Jurnal Studi Kultural.
Almira. (2018). Evaluasi Penerapan Strategi Promosi Perpustakaan pada Perpustakaan Universitas Medan Area.
Anwar, R. K., Hapsari, I. A., & Sinaga, D. (2018). Analisis semiotik Charles Sanders Pierce mengenai logo baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(2), 123–138. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.15689
Beranda — OKOCE.NET. (n.d.). Retrieved October 2, 2019, from https://okoce.net/
Conley, S., Ferguson, A., & Kumbier, A. (2019). Supporting students with histories of trauma in libraries: A collaboration of accessibility and library services. Library Trends, 67(3), 526–549. https://doi.org/10.1353/lib.2019.0001
Diana - Penelusuran Google. (n.d.). Retrieved October 3, 2019, from https://www.google.co.id/search?sxsrf=ACYBGNQqcnQJ0-aKqfqYfQJPOGBusW9lbg%3A1570089229523&ei=DamVXcTLH5jbz7sPwaeDqA8&q=diana&oq=diana&gs_l=psy-ab.3..35i39j0j0i67l2j0l2j0i67j0l3.112257.112760..113368...0.0..0.101.441.4j1......0....1..gws-wiz.......0i131.Ov8V88wokTE&ved=0ahUKEwiEhqqWzv_kAhWY7XMBHcHTAPUQ4dUDCAo&uact=5
Fadhli, R. (2019). Representasi Perpustakaan Dan Pustakawan Dalam Film The Night At The Museum 3. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 2(1), 93–102. https://doi.org/10.30999/N-JILS.V2I1.519
Hadi, S., Boham, A., & Senduk, J. J. (2014). Peran Pustakawan Dalam Meningkatkan Jasa Layanan Kepada Pemustaka Di Kantor Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kota Ternate. Journal, 3(3).
Hasugian, J. (2019). Kepuasan mahasiswa terhadap layanan sumberdaya Perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 15(1), 34. https://doi.org/10.22146/bip.39370
kartika - Penelusuran Google. (n.d.). Retrieved October 3, 2019, from https://www.google.co.id/search?sxsrf=ACYBGNRZuDBKwjH66fDsoccvQcFcsus2eQ%3A1570089225428&source=hp&ei=CamVXb_dF6GcmgegmpaYDg&q=kartika&oq=kartika&gs_l=psy-ab.3..35i39j0l2j0i203j0l6.1915.2668..2855...0.0..0.189.831.4j3......0....1..gws-wiz.......0i131j0i67.8w2w-m-Vum4&ved=0ahUKEwj_ha6Uzv_kAhUhjuYKHSCNBeMQ4dUDCAU&uact=5
Kosasih, A. (2009). Artikel Pustakawan Perpustakaan Universitas Negeri Malang |. Retrieved from http://library.um.ac.id/images/stories/pustakawan/karsasih/Faktor2x layanan prima.pdf
Kurnia, B. E. (2018). Representasi Perpustakaan Dan Pustakawan Pada Video Profil Perpustakaan Pertamina. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 1(1), 1. https://doi.org/10.30999/n-jils.v1i1.246
Luthfiyah, F. (2015). Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan. Jurnal El-Idare, 1(2), 189–202.
Mohindra, R., & Kumar, A. (2015). User satisfaction regardthe ing quality of library services of A.C. Joshi Library, Panjab University, Chandigarh. DESIDOC Journal of Library and Information Technology, 35(1), 54–60. https://doi.org/10.14429/djlit.35.1.8072
muJameelaeela - Penelusuran Google. (n.d.). Retrieved October 3, 2019, from https://www.google.co.id/search?safe=strict&ei=lPWVXZflBNSmwgOB6aTYCw&q=mulan+jameela&oq=mulan+jameela&gs_l=psy-ab.3..0i131l9j0.1147942.1149747..1150016...0.3..0.246.2022.1j10j2......0....1..gws-wiz.......0i71j0i67j0i131i67.RjVUxBM6um0&ved=0ahUKEwiX_-qTl4DlAhVUk3AKHYE0CbsQ4dUDCAo&uact=5
Mulan Jamila, Layanan Baru Perpustakaan Kota Yogyakarta | Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah D.I Yogyakarta. (n.d.). Retrieved October 3, 2019, from http://dpad.jogjaprov.go.id/article/news/vieww/mulan-jamila-layanan-baru-perpustakaan-kota-yogyakarta-669
Mustafa, B. (2012). Promosi jasa perpustakaan. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Noor, M. U. (2018). Implementation of Library 2.0 Application: Lesson Learnt from Indonesian Library and Librarian. KnE Social Sciences, 3(11), 1266. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.2846
Patil, S. K., & Pradhan, P. (2014). Library Promotion Practices and Marketing of Library Services: A Role of Library Professionals. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 133, 249–254. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.191
Perpustakaan Yogyakarta Buka Layanan “Mulan Jamila” | Republika Online. (n.d.). Retrieved October 3, 2019, from https://www.republika.co.id/berita/nasional/hukum/15/07/28/ns6tbe361-perpustakaan-yogyakarta-buka-layanan-mulan-jamila
Perpustakaan Yogyakarta uji coba layanan “Mulan Jamila” - ANTARA News. (n.d.). Retrieved October 3, 2019, from https://www.antaranews.com/berita/509122/perpustakaan-yogyakarta-uji-coba-layanan-mulan-jamila
Piliang, Y. A., & Sobur, A. (2004). Semiotika komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pontoriero, C., & Zippo-Mazur, G. (2019). Evaluating the user experience of patrons with disabilities at a community college library. Library Trends, 67(3), 497–515. https://doi.org/10.1353/lib.2019.0009
Rachman, Y. B., & Putri, D. A. (2018). Social media application in Indonesian academic libraries. Webology, 15(1), 19–29.
Rahmawati, N. A., & Bachtiar, A. C. (2018). Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(1), 76. https://doi.org/10.22146/bip.28943
Rini, D. P. (2010). Membongkar Makna dibalik Representasi Citra Perempuan dalam Iklan Kecantikan (UGM). https://doi.org/10.5072/ZENODO.9905
Ristekdikti. (n.d.). Retrieved October 2, 2019, from https://ristekdikti.go.id/
Shulman, J., Yep, J., & Tomé, D. (2015). Leveraging the Power of a Twitter Network for Library Promotion. Journal of Academic Librarianship, 41(2), 178–185. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2014.12.004
Tinarbuko, S. (2008). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.
UU RI NO 43 TAHUN 2007. (2007). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN. In Materia Japan. https://doi.org/10.2320/materia.46.171
Wijaya, N. M. (2015). Evaluasi Kepuasan Pengguna Terhadap Pelayanan du Perpustakaan Umum Daerah Tabanan. Jurnal Ilmiah D3 Perpustakaan. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Yi, Z. (2016). Effective techniques for the promotion of library services and resources. Information Research, 21(1).
Yusup, P. M. (2001). Pengantar aplikasi teori sosial komunikasi untuk perpustakaan dan informasi. Bandung: UNPAD.
Copyright (c) 2020 Author and Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
1. Jurnal Pustaka Budaya is an electronic journal that freely available. Papers that submitted to this journal are published under the terms of the Creative Commons License. The terms of the license are:
- Attribution. The licensor permits others to copy, distribute, display, and perform the work. In return, licensees must give the original author credit.
- Noncommercial. Others permits to copy, distribute, display, and perform the work as long as not use the work for commercial purposes — unless they get the licensor's permission.
- No Derivative Works. The licensor permits others to copy, distribute, display and perform only unaltered copies of the work -- not derivative works based on it.
The full terms of the Creative Commons License please see at their Web site.
No claim on copyright is made by the publisher. Persons or publishers wishing to download a paper for whatever use (other than personal study) must contact the author for permission.
2. However, in submitting to Jurnal Pustaka Budaya, authors agree to their paper being published under the terms set out above.
3. It is assumed that, when an author submits a paper to Jurnal Pustaka Budaya, he or she is the legal copyright holder and no other claim to the copyright exists.