Penerapan Permainan Monopoli dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD

  • Nurhasanah Sihotang Universitas Negeri Medan
Keywords: Monopoli, Minat, Siswa

Abstract

Pembuatan artikel ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang bagaimana manfaat penerapan permainan monopoli dalam proses pembelajaran siswa SD. Penelitian ini didasari akibat peserta didik yang kurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut diketahui karena kurangnya minat belajar siswa. Untuk meningkatkan minat belajar, guru diharuskan untuk mampu menerapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Siswa SD cenderung berinteraksi terhadap hal yang konkret dan nyata melalui permainan. Media permainan monopoli merupakan media pembelajaran yang dapat diterapkan untuk siswa SD. Metode yang dipakai dalam menyusun artikel ini adalah metode studi literatur. Melalui studi pustaka, penulis mengumpulkan data yang diperoleh dari jurnal baik nasional maupun internasional, artikel ilmiah serta buku untuk mendukung analisis penulis dalam artikel ini. Hasil yang didapatkan dalam kajian ini menunjukan bahwa dengan penggunaan permainan monopoli dapat membuat siswa dan guru lebih aktif sehingga sangat berdampak positif dalam meningkatkan minat belajar dari siswa. Dengan penerapan permainan monopoli sebagai media pembelajaran sangat membantu para guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi kepada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, R. 2015. Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran). 1(1) : 77-89.

Anggraheni, N. S., Hidayah, N and Shawmi, A. N. 2019. Developing red-white monopoly games through integrative thematic learning in the primary school. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. 6(1) : 49-62.

Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L dan Istiningsih, S. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar Mipa, 16(02) : 170-175.

Ashari, P. B and Purwanti, E. 2018. Developing of Monopoly Game Education Media: for Increase The Result of Social Science in Elementary School. Elementary School Teacher, 1(1).

Basri, S dan Akhmad, N. A. 2018. Penggunaan metode bermain snakes and ladders pada pembelajaran ipa fisika untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(3) : 309-323.

Desyawati, K., Kristiantari, M. G. R dan Negara, I. G. A. O. 2021. Media Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2) : 168-174.

Halik, Al, dan Zamratul Aini. 2020.Analisis Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19’, ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3.(2) : 131–41.

Handayani, T. O and Ubaidillah, K. 2022. Monopoly Game as Learning Media for Children aged 5-6 Years in Rumbia, Central Lampung Regency. Journal of Childhood Development, 2(1) : 50-63.

Khairunnisa, S., Hakam, A dan Amaliyah, A. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(1) : 60-69.

Mahesti, G dan Koeswanti, H. D. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1) : 30-39.

Maulyda, M. A., Hidayati, V. R and Erfan, M. 2020. Monopoly Game Media as an Effort to Improve Calculation Problem Solving Ability in Elementary School Students. (JIML) Journal Of Innovative Mathematics Learning, 3(4) : 199-207.

Naziah, Syifa Tiara, Luthfi Hamdani Maula, and Astri Sutisnawati. 2020. Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar’, Jurnal JPSD (Pendidikan Sekolah Dasar), 7(2) : 109–20.

Nurhayati, N., Rosdianti, V., Sari, A., Nurhaliza, N and Fransisca, S. 2022. Developing elementary school’s social studies learning using the monopoly game. Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 1(6), 648-653.

Permatasari, B. A and Prihatnani, E. 2021. The Development of Jateng Gayeng Monopoly Media: Learn Unit Conversion by Loving Culture. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 12(2) : 238-251.

Ramadhani, S., Leonard, L., Nurmantoro, M. A and Sumilat, J. M. 2022. The Development of MONOTIKA (Monopoly Mathematics) Learning Media in Algebraic Material for Junior High School Students in Grade VII. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 12(1).

Rahaju, R dan Hartono, S. R. 2017. Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Monopoli Indonesia. JIPMat, 2(2).

Rohman, M. A. 2015. Pengembangan Media Permainan Monopoli dalam Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas VI SDN Tanamera I (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Suprapto, A. N. 2013. Permainan Monopoli Sebagai Media untuk Meningkatkanminat Belajar Tata Boga Di SMA. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (1).

Syalfifi, E., Syarif Sumantri, M and Yatima, D. 2019. Implementation of word monopoly as a learning media to improve creative and moral attitudes in the students of class iv students in grade IV of SDN Srengseng Sawah 15 pagi. American Journal of Educational Research, 7(1), 97-103.

Published
2022-09-11
Abstract viewed = 1004 times
pdf downloaded = 1293 times