Sebuah Studi Literatur: Model Penerimaan Implementasi E-Learning di Perguruan Tinggi

  • Rully Setiawan RZ Mahasiswa Pascasarjana Magister Manajemen Universitas Lancang Kuning
Keywords: E-Learning, Technology Acceptance E-learning, Technology Acceptance Model (TAM), Pendidikan Tinggi

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi model konseptual yang umumnya digunakan untuk mengukur penerimaan teknologi e-learning di lingkungan perguruan tinggi. Penulis melakukan studi literatur dengan mengumpulkan makalah dari jurnal yang memiliki reputasi tinggi. Jurnal database terkemuka seperti Google Scholar digunakan oleh penulis untuk mengumpulkan artikel, dengan kata kunci "technology acceptance e-learning" sebagai fokus pencarian artikel yang relevan. Artikel-artikel yang terpilih kemudian dinilai dan dianalisis sebelum disajikan. Berdasarkan hasil literatur, ditemukan bahwa model konseptual terkenal Davis, yaitu Technology Acceptance Model (TAM), (Nurhayati et al., 2023) paling banyak digunakan sebagai referensi dalam pengembangan model konseptual penerimaan e-learning.

This research explores a commonly used conceptual framework for evaluating the adoption of e-learning technology in higher education environments. The author performed a literature review, sourcing papers from reputable journals. Prominent journal databases, including Google Scholar, were employed to identify pertinent articles using the keyword "technology acceptance e-learning." The chosen articles underwent a systematic review and analysis before being presented. Drawing on insights from the literature, the well-established Davis conceptual model, specifically the Technology Acceptance Model (TAM), was employed as a foundation for constructing the conceptual model pertaining to e-learning acceptance.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-30
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times