Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi dan Kedisiplinan Guru Terhadap Kompetensi Literasi Peserta Didik Tingkat SD

  • Eka Elvany Universitas Lancang Kuning
Keywords: Upaya, Motivasi, Kedisiplinan, Kompetensi Literasi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi dan kedisiplinan guru terhadap kompetensi literasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan data primer yang pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan validitas teknik triangulasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala , Guru dan staff Tata usaha SD Negeri 36 Pekanbaru. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti terbukti adanya upaya kepala sekolah selaku pimpinan dalam memotivasi guru agar melakukan pekerjaannya dengan baik. Selain itu kepala sekolah juga memberi contoh dalam kedisiplinan sehingga adanya kesadaran guru dalam menerapkan kedisiplinan sesuai aturan yang berlaku. Kinerja guru yang memiliki motivasi tinggi dan kesadaran akan menaati aturan yang berlaku dapat meningkatkan kompetensi literasi peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diperoleh peserta didik SD Negeri 36 Pekanbaru baik akademik maupun non akademik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-20
Abstract viewed = 0 times