Efektivitas Bantuan Kelompok Kerja Guru Proyek REP-MEQR Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru

  • Sabarudin Universitas Lancang Kuning
  • Nurliana Nasution Universitas Lancang Kuning
  • Nurfaisal Universitas Lancang Kuning
Keywords: REP-MEQR, Bantuan Kelompok Kerja Guru, Kompetensi Guru, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Abstract

Untuk meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah, Kementerian Agama membuat kebijakan berupa proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education (Madrasah Education Quality Reform) yang disingkat REP-MEQR yang yang sumber pendanaannya melalui pinjaman luar negeri bank dunia (IBRD Loan No.8992-ID) dari tahun 2020 sampai dengan 2024. Salah satu program dari proyek REP-MEQR ini adalah pemberian bantuan kelompok kerja guru dan tenaga kependidikan madrasah agar kelompok kerja guru dan tenaga kependidikan madrasah melaksanakan kegiatan bimbingan teknis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru. Penelitian ini berfokus kepada efektivitas bantuan kelompok kerja guru dan tenaga kependidikan madrasah proyek REP-MEQR dalam peningkatan kompetensi profesional guru di Provinsi Riau, dengan indikator yaitu pemahaman program, ketepatan sasaran, ketepatan waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Dari hasil penelitian dapat dihasilkan bahwa program bantuan kelompok kerja guru dan tenaga kependidikan madrasah proyek REP-MEQR sangat efektif dalam peningkatan kompetensi profesional guru. Program bantuan ini memberikan akses pelatihan bagi guru-guru madrasah untuk memperoleh peningkatan kompetensi profesional melalui kegiatan bimbingan teknis Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) guru. Guru memperoleh pelatihan yang dekat dengan madrasah sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar pada madrasah. Program ini juga menguatkan peran dari Kelompok Kerja Guru dan Tenaga Kependidikan (KKG, MGMP, MGBK) untuk berperan dalam peningkatan kompetensi guru melalui program-program yang akan mereka rancang dalam peningkatan kompetensi guru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-30
Abstract viewed = 0 times