KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSSROOM BERBANTU MEDIA KAHOOT PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Abstract
Kemampuan problem solving merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki pada perkembangan abad 21 agar peserta didik dapat menghadapi dan menyelesaikan suatu permasalahan dengan baik. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan problem solving, salah satunya dengan pemanfaatan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik seperti flipped classroom yang dapat mebantu peserta didik belajar secara mandiri. Selain itu pemanfaatan media pembelajaran juga dapat membantu terlaksananya kegiatan pembelajaran dengan baik dan menarik. Pada penelitian ini peneliti menggunakan bantuan media kahoot dalam proses pelaksanaan kegiatan pretest-posttest. Instrument soal yang digunakan berupa pilihan ganda yang disesuaikan dengan komponen kemampuan problem solving. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan dari kemampuan problem solving peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom berbantu media kahoot dalam mempelajari materi biologi. Metode yang digunakan yaitu pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas X Ipa 6 SMAN 1 Katapang yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf siginifikansi, sehingga hipotesis alternatif pada penelitian diterima dimana terdapat peningkatan kemampuan problem solving setelah pembelajaran menggunakan flipped classroom berbantu media kahoot. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hasil postif dengan adanya peningkatan yang dari hasil penggunaan model pembelajaran flipped classroom berbantu media kahoot terhadap kemampuan problem solving peserta didik kelas X Ipa 6 SMAN 1 Katapang.
Downloads
References
Asyar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press.
Azwar. (2006). Pengantar Intelegensi (edisi 1 ce). Pustaka pelajar.
Baroya, E. P. I. H. (2018). Strategi Pembelajaran Abad 21 - Lpmp Jogja. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Prov. DIYogyakarta, I(01), 101–115.
Darmawan Sman, A., & Kabupaten Banyuwangi, G. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Kahoot Terhadap Hasil Belajar Materi Ruang Lingkup Biologi Di Sma Negeri 1 Muncar. 1(2). https://getkahoot.com/
Endang, P. R., Pratiwi, R. H., & Sari, T. A. (2021). Analisis Pemecahan Masalah Biologi Berdasarkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA Kelas XI IPA. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(2), 149. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i2.10132
Faridah, N., Ridlo, S., & Saptono, S. (2021). The Influence of Flipped Classroom Learning Model Application on Problem Solving Ability and Learning Motivation. Journal of Innovative Science Education, JISE 10 (3) 2021, 339–347. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Hanifa, N. I., Akbar, B., Abdullah, S., & Susilo. (2018). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X IPA pada Materi Perubahan Lingkungan dan Faktor yang Mempengaruhinya. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 121–128. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio
Irna Septiani Maolidah, Toto Ruhimat, L. D. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edutcehnologia, vol 3
Maemanah, S., Suryaningsih, S., & Yunita, L. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Kimia Abad Ke 21 Orbital : Jurnal Pendidikan Kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2).
Mieg, H. A. (2019). Inquiry-based learning - undergraduate research: The German multidisciplinary experience. In Inquiry-Based Learning - Undergraduate Research: The German Multidisciplinary Experience. https://doi.org/10.1007/9783030142230
Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569
Neviani, O. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi Materi Protista Kelas X Di Sma 12 Semarang. Universitas Negeri Semarang, 57. https://lib.unnes.ac.id/35866/
Novis Damayanti, H., Sutama, D., Negeri, S., Gunung, G., Yogyakarta, K., Sekolah, M. A., & Ums, P. (n.d.). Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap Dan Ketrampilan Belajar Matematika Di Smk.
Novitasari. (2005). Preparation Of Problem Solving Skills Assessment For Senior High School Students On Environment Material. Seminar Nasional Xii Pendidikan Biologi Fkip Uns., 519–525. https://jurnal.uns.ac.id/Prosbi/Article/View/6994
Peraturan, Pendidikan, N. M., Indonesiarepublik, & Tahun, 2007 Nomor 41. (2007). Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Nomor 41 Tahun 2007.pdf
Rohmatulloh, & Nindiasari, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 436–442.
Rudi, S. & Cepi, R. (2008). Media pembelajaran. Jurusan Kurtekpend FIP UPI.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan RnD.
Copyright (c) 2022 Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.