Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi PlantNet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Di SMA Negeri 2 Sungai Ambawang

  • Paskaliadini Jartiawati ikip pgri pontianak
  • Ivan Eldes Dafrita IKIP PGRI Pontianak
  • Nawawi Nawawi IKIP PGRI Pontianak
Keywords: Seed Plant Module, Problem Based Learning, Plantnet Application, SMA Negeri 2 Sungai Ambawang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya modul tumbuhan biji berbasis Problem Based Learning berbantuan aplikasi PlantNet terhadap kemampuan pemecahan masalah di SMA Negeri 2 Sungai Ambawang sebagai bahan ajar cetak di kelas, sehingga membuat siswa menjadi kurang untuk belajar secara mandiri, karena selama proses pembelajaran di dalam kelas, guru lebih sering meminta siswa untuk mencatat materi dan mengerjakan soal dari buku paket yang telah tersedia di perpustakaan sekolah. Adapun pada saat proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas terdapatnya kendala yaitu siswa memiliki kesulitan dalam mengenali berbagai macam tumbuhan biji. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan modul tumbuhan biji berbasis Problem Based Learning berbantuan aplikasi PlantNet terhadap kemampuan pemecahan masalah di SMA Negeri 2 Sungai Ambawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul tumbuhan biji dari aspek kevalidan dan keefektifan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 langkah yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Data pada penelitian ini diperoleh melalui lembar validasi ahli materi dan lembar ahli media, angket respon siswa, dan tes berupa pretest dan posttest. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kevalidan modul berdasarkan pada lembar validasi materi berkategori sangat valid dan kevalidan modul berdasarkan pada lembar validasi media berkategori sangat valid, (2) keefektifan modul berdasarkan tes berupa pretest dan soal berkategorikan sedang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul tumbuhan biji berbasis Problem Based Learning berbantuan aplikasi PlantNet terhadap kemampuan pemecahan masalah di SMA Negeri 2 Sungai Ambawang layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ivan Eldes Dafrita, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Biologi

Nawawi Nawawi, IKIP PGRI Pontianak

Program Studi Pendidikan Biologi

References

Andayani, S., & Pratama, Y. (2022). Pengembangan Modul Matematika Dasar Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 121.
Ariawan, R., Utami, R., Herlina, S., & Istikomah, E. (2022). Pengembangan Modul Ajar Dengan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 71.
Belianus, H., Anselmus, & Fira, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan Lokal "ROAH" Pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP. Jurnal Wawasan dan Aksara, 132-133.
Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 3804.
Fatma, A. D., & Partana, C. F. (2019). Pembelajaran Berbantu Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 234.
Kartika, A. D., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning Siswa SMK Pertanian Pada Materi Pewarisan Sifat. Jurnal Pendidikan, 860.
Leonda, M. A., Desnita, & Budi, A. S. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Materi Usaha Dan Energi Di SMA (Sesuai Kurikulum 2013). Jurnal Seminar Nasional Fisika, 20-21.
Nawawi, & Dafrita, I. E. (2022). STEM Teaching Materials Integrated With Arduino Science Journal Biology Prospective Teachers. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 36-44.
Nurmeidina, R., Lazwardi, A., & Nugroho, A. G. (2021). Pengembangan Modul Trigonometri Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 15.
Pistanty, M. A., Sunarno, W., & Maridi. (2015). Pengembangan Modul IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Polusi Serta Dampaknya Pada Manusia Dan Lingkungan Siswa kelas XI SMK Pancasila Purwodadi. Jurnal Ikuiri, 68.
Ramadhany, A., & Prihatnani, E. (2020). Pengembangan Modul Aritmetika Sosial Berbasis Problem Based Learning Bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 212.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad , 108.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Graha Ilmu.
Yanuarti, E. (2017). Pemikiran Pendidikan KI. Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 239.
Published
2024-04-26
How to Cite
Jartiawati, P., Dafrita, I. E., & Nawawi, N. (2024). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi PlantNet Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Di SMA Negeri 2 Sungai Ambawang. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 46-53. https://doi.org/10.31849/bl.v11i1.16924
Section
Article
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times