PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPESIMEN VERTEBRATA DAN INVERTEBRATA UNTUK SMA NEGERI 2 RAMBAH HILIR
Abstract
Studi ini dilakukan melakukan investigasi atas terjadinya properness belajar media dengan menggunakan spesimen dari vertebrata dan invertebrata pada sepuluh kelas untuk mencapai sekolah menengah atas 2 rambah hilir. Studi ini dilakukan pada bulan Mei-Agustus 2019. Studi ini menggunakan yang berkembang (Research & Development) berdasarkan Dick dan Carey model yang dimodifikasi. Pendataan baru dapat dilakukan dengan menyediakan kuesioner dan dalam menganalisis data oleh analisis deskriptif. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kegiatan belajar media dengan menggunakan spesimen dari vertebrata dan invertebrata di Kelas X sekolah menengah atas adalah sangat bagus kriteria, berdasarkan validasi dari pendidikan material yang pakar ( 91.38 % ), validasi dari ahli media ( 83.07 % ). Untuk pengujian individu ( 88.58 % ), kelompok kecil ( 90.17 % ) dan lapangan ( 89.38 % ) hasilnya adalah kriteria sangat bagus.
Downloads
References
Arsyad, A. . 2014. Media Pembelajaran.RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Asyhar, R. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press. Jakarta.
Djamarah, S.B. dan Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Emda, A. 2011. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA 12 (1): 149-162.
Hamalik, O. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.
Kustandi, C. dan Bambang, S. 2011. Media Pembelajaran. Ghalia Indonesia. Bogor.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Imnplementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Retnaningsih, L., Priyono, B dan Rahayuningsih, M. 2012. Keefektifan Media Spesimen dengan Metode Two Stay-Two Stray pada Materi Arthropoda. BioEdu 1 (3): 95-101.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta. Bandung.
Sobirin, M., Isnawati dan Ambarwati, R. 2013. Pengembangan Media Awetan Poriferauntuk Pembelajaran Biologi Kelas X. BioEdu 2 (1): 19-22.
Suardi, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Deepublish. Yogyakarta.
Susilana, R. dan Riyana, C. 2009. MEDIA PEMBELAJARAN: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan penilaian. CV Wacana Prima. Bandung.
Trianto. 2009. Mendesain Modesl Pembelajaran Inovatif-Progresif. Prenada Media. Surabaya.
Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Copyright (c) 2020 Bio-Lectura
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.