PENGEMBANGAN TTCT-V (TORRANCE TEST OF CREATIVE THINKING VERBAL) BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK TINGKAT SMA
Abstract
ABSTRAK: Kemampuan berpikir kreatif perlu dimiliki oleh para siswa dalam mempelajari berbagai persoalan terkait lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendesain instrumen tes yang dapat mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa SMA pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Instrumen dikembangkan berdasarkan indikator dan bentuk tes verbal yang dicetuskan oleh Torrance. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model 4D yang dicetuskan oleh Tiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Instrumen yang dibuat divalidasi oleh 4 validator ahli (1 dosen biologi S1 dan 3 guru biologi SMA yang berpengalaman dalam dunia pendidikan selama >5 tahun). Berdasarkan uji validitas yang dilakukan didapatkan hasil dengan kategori sangat valid atau layak digunakan. Instrumen ini dapat membantu pendidik dalam menentukan strategi pembelajaran apa yang cocok diterapkan guna mendukung perkembangan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Downloads
References
Chermahini, S. A., Hickendorff, M., & Hommel, B. 2012. Development and validity of a Dutch version of the Remote Associates Task: An item-response theory approach. Thinking Skills and Creativity, 7(3), 177–186.
Chrysikou, E. G., Motyka, K., Nigro, C., Yang, S. I., & Thompson-Schill, S. L. 2016. Functional fixedness in creative thinking tasks depends on stimulus modality. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 10(4), 425.
Isiyono, E, Dwandaru, D. B., & Rahayu, F. 2018. Pengembangan Tes Creative Thinking Skills Fisika SMA (PhysCreTHOTS) Berdasarkan Teori Tes Modern. Cakrawala Pendidikan, (2), :190-200.
Justica, A. A., Azrai, E. P., & Suryanda, A. 2015. The Effect of The-Teaching-With-Analogies Model Application on Learning Science to Creative Thinking Skill of Student on Junior High School. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(1), 51-56.
Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah.http://sdm.data.kemdikbud.go.id/snp/uploud/dokumen/20170224114501.pdf
Kim, K. H. 2010. Measurements, Causes, and Effects of Creativity. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 4, 131–135.
Kim, K. H. 2011. The Creativity Crisis: The Decrease in Creative Thinking Scores on the Torrance Tests of Creative Thinking. Creativity Research Journal, 23(4), 285-295.
Kim, K. H. 2017. The Torrance Tests of Creative Thinking-Figural or Verbal: Which One Should We Use?. Creativity. Theories–Research-Applications, 4(2), 302-321.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Diakses pada 23 Juni 2020 di https://bsnp-indonesia.org/wpcontent/uploads/2009/04/Permendikbud_Tahun2016_Nomor020_Lampiran.pdf.
Niankara, I., & Zoungrana, D. T. 2018. Interest in the biosphere and students environmental awareness and optimism: A global perspective. Global Ecology and Conservation, 16.
Ratumanan, T. ., & Laurens, T. 2006. Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.
Reid, R. K. 1994. Creative Thinking Exercise. The American Biology Teacher, 56(4),: 226-228.
Roosyanti, A. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Pena Sains, 4(1): 60-73.
Shen, T., & Lai, J. C. 2014. Exploring the Relationship Between Creative Test of ATTA and the Thinking of Creative Works. Procedia–Social and Behavioral Sciences, 112, 557-566.
The Alberta Teachers’ Association. 2014. 3 Examples- Torrance Teast of Creative Thinking (TTCT). Diakses pada 23 Juni 2020 di https://innovators-guide.ch/wp-content/uploads/2012/12/torrance-creativity-test.pdf.
Thompson, T. L., & Mintzes, J. J. 2002. Cognitive Structure and the Affective Domain: on Knowing and Feeling in Biology. International Journal of Science Education, 24(6), 645–660.
Tirtawati, N. L. R., Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. L. P. M. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kuantum (Quantum Learning) dan Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2).
Torrance, E. P. 2018. Torrance Test of Creative Thinking. Bensenville: Scholastic Testing Service.
Trilling, B., Ernie & Charles, F. C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life In Our Times. San Francisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint.
Copyright (c) 2021 Bio-Lectura
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.