UJI KELAYAKAN PANDUAN PRAKTIKUM PERKEMBANGAN HEWAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PENGAMATAN EMBRIOGENESIS

  • Annisa Rahma Dieni Chaniago Universitas Jambi
  • Jodion Siburian Universitas Jambi
  • Winda Dwi Kartika Universitas Jambi
Keywords: Embriogenesis, Keterampilan Proses Sains (KPS), Panduan Praktikum

Abstract

Panduan perkembangan hewan yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi masih sederhana dan belum mengarahkan mahasiswa untuk melaksanakan praktikum sehingga mahasiswa kurang aktif dalam melakukan kegiatan praktikum. Perlu adanya pengembangan panduan praktikum yang dapat membuat mahasiswa lebih aktif dan diperlukannya informasi dari panduan praktikum yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengetahui respons mahasiswa terhadap panduan perkembangan hewan berbasis keterampilan proses sains (KPS) pada pengamatan materi perkembangan ayam. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Tahapan prosedur pengembangan, yaitumendefinisikan, merancang, mengembangkan , dan menyebarluaskan . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi materi, media dan respon mahasiswa. Subjek uji coba dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Jambi yang mengontrak matakuliah praktikum perkembangan hewan. hasil validasi yang dilakukan oleh validator materi diperoleh skor sebesar 86,67% dengan kriteria sangat layak. Validasi yang dilakukan oleh validator media diperoleh skor sebesar 94% dengan kriteria “sangat layak”. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa panduan perkembangan hewan berbasis keterampilan proses sains (KPS) pada materi perkembangan ayam yang dinyatakan layak untuk digunakan sebagai panduan praktikum perkembangan hewan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas Skills analysis of science process of high school students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(20), 245–252.

Fadillah, E. N., & Angraini, E. (2018). Pengembangan Modul Praktikum Genetika Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 3 (1), 34–42. https://doi.org/10.33503/ebio.v3i01.77

Febriani, S. W. (2021). Analisis buku teks sejarah kelas XI dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Kebomas. Historiography: Journal of Indonesian History and Education, 1(2), 213–221.

Hadis, A., & Nurhayati, B. (2018). Developing Science Process Skill Based Learning in Science for Children with Special Needs Course. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012210

Kurniati, A. (2016). Pengembangan modul matematika berbasis kontekstual terintegrasi ilmu keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58.

Lauren, I., Harahap, F., & Gultom, T. (2016). Uji Kelayakan Penuntun Praktikum Genetika Berbasis Keterampilan Proses Sains Berdasarkan Ahli Materi dan Ahli Desain. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 206–212. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i1.4322

Marnita. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Mahasiswa Semester I Materi Dinamika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 43–52. https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2579

Novita, E. (2020). Pengembangan Buku Pedoman Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Dasar Sains Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(1), 34–41.

Purnanto, A. W., & Mustadi, A. (2016). Analisis Kelayakan Bahasa Dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 102–111.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Safitri, D., & Hartati, T. A. W. (2016). Kelayakan Aspek Media, dan Bahasa Dalam Pengembangan Buku Ajar dan Multimedia Interaktif Biologi Sel. Florea, 3(2), 9–14. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00168128

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sunyono, S. (2018). Science Process Skills Characteristics of Junior High School Students in Lampung. European Scientific Journal, ESJ, 14(10), 32. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n10p32

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Bio Educatio, 2(2), 49–57.

Syafutri, R., & Soeharto, S. (2019). Pengembangan Movable Book untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(1), 141. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i1.15640

Winasih, Ni Wayan, I Wayan Romi Sudhita, L. P. P. M. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Model 4D Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Tahun Pelajaran 2014/2015 Di SMP Negeri 3 Sawan. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan Vol. 3 No. 1 Tahun 2015, 3(1), 4.

Yasa, A. D. (2020). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 26. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23987

Yohana, Y., Solin, M., & Hadi, W. (2019). The Development of Instrument of Reading Literacy Assessment on Indonesian Language Learning in Quality Medan University. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(2), 372–387. https://doi.org/10.33258/birle.v2i2.315

Yulia. (2015). Penyusunan Penuntun Praktikum Pembuatansalep Penyembuh Luka Insisi Dariekstrak Tangkaidaun Talas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(3), 1–13.

Published
2022-04-25
How to Cite
Chaniago, A. R. D., Siburian, J., & Kartika, W. D. (2022). UJI KELAYAKAN PANDUAN PRAKTIKUM PERKEMBANGAN HEWAN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PENGAMATAN EMBRIOGENESIS. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 79-89. https://doi.org/10.31849/bl.v9i1.9544
Section
Article
Abstract viewed = 550 times
PDF downloaded = 520 times