INVENTARISASI LALAT BUAH BACTROCERA (TEPHRITIDAE) PADA LAHAN PERKEBUNAN CABAI DI KABUPATEN AGAM, SUMATERA BARAT

  • Ennie Chahyadi Universitas Riau
  • Rayvondacande Rayvondacande Universitas Riau
Keywords: Lalat buah, Cabai, Sumatera Barat

Abstract

Keberadaan lalat buah pada tanaman cabai di Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat menyebabkan kerugian sekitar 20-40% saat panen. Beberapa upaya telah dilakukan tetapi tidak cukup efektif untuk mengendalikan lalat buah. Pengendalian yang tepat dimulai dengan mengetahui jenis hama yang tepat untuk dikendalikan terlebih dahulu. Sehingga perlu dilakukan inventarisasi untuk mengetahui jenis lalat buah apa saja yang ada di perkebunan. Metode yang digunakan adalah perangkap atraktan petrogenol. Sampel lalat yang diperoleh kemudian diawetkan dan diidentifikasi karakter morfologinya. Ada sebanyak 200 individu dan dua jenis lalat buah Bactrocera. Lalat buah Bactrocera dorsalis dan B. umbrosa memiliki perbedaan jumlah dan karakter morfologi pada wajah, thorax dorsal, scutum dan scutellum, lateral postsutural vitae, sayap, tibia, pola T dan ceromata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus S, Wahyu D, Lindung TP, Neng IN. 2018. Pengaruh Penambahan Beberapa Esens Buah Pada Perangkap Metil Eugenol. The Effect of Addition of Several Fruit Essences on Methyl Eugenol Trap in Attracting Fruit Flies Bactrocera dorsalis Complex at Pasirmuncang Village, Majalengka. Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia. (2):150-159.

Dhear AS, Dwi W, Darmianti N. 2019. Kelimpahan Populasi Lalat Buah ( Bactrocera spp) dan Persentase Serangannya pada Buah Labu (Cucurbita maxima Duch ) di Provinsi Bali. Jurnal Agroteknologi Tropika 8 (3).

Ginting R. 2009. Keanekaragaman Lalat Buah (Diphtera: Tephritidae) di Jakarta, Depok, dan Bogor [Tesis]. Bogor: Pascasarjana jurusan Biologi, Institute Pertanian Bogor.

Hasyim A, Lukman L, Setiawati W. 2020. Teknologi Pengendalian Hama Lalat Buah. IAARD PRESS.

Hasanah. 2018. Intensitas Serangan Hama Lalat Buah Cabai (Bactrocera Spp.) Yang Dikendalikan Dengan Beberapa Jenis Perangkap Serangga. Mataram. Jurnal Fakultas Pertanian. Universitas Mataram.

Helda S, Mujiyanto. 2016. Identifikasi Hama Lalat Buah (Diptera: Tephritidae) Pada Berbagai Macam Buah-Buahan. Identification of Fruit Flies Pest (Diptera: Tephritidae) on Some fruits (1): 32-39.

Iwashi O, Subazar TS, Sastrodihardjo S. 1996.Attractiveness of Methyl Eugenol to Fruit Fly Bactocera carambolae (Diptera:Tephtritidae) in Indonesia. Ann. Entomol. Soc Am. 89(5):653-660.

Kardinan A. 2003. Pengendalian Hama Lalat Buah. Bogor: Agromedia Pustaka.

Kardinan A. 2005. Mengenal Lebih Dekat Tanaman Pengendalian Lalat Buah. Tangerang: Agromedia Pustaka.

Larasati AN. 2013. Keanekaragaman dan Persebaran Lalat Buah Tribe Dacini (Diptera: Tephritidae) di Kabupaten Bogor dan Sekitarnya. Jurnal Entomologi indonesia. 10(2):51-59.

Muryati, Hasyim A, Kogel WJ. 2007. Distribusi Spesies Lalat Buah di Sumatera Barat dan Riau. Plant Research International B.V (1): 61-68.

Olivera N, Susila W, Supartha W. 2016. Keragaman Jenis lalat Buah dan Tingkat Parasitisasi Parasitoid yang Berasosiasikan dengan Tanaman Buah-Buahan di Distrik Lautem, Timor Leste. E-journal Agroekoteknologi Tropika 5 (1): 50-56.

Patty JA. 2012. Efektivitas Metil Eugenol Terhadap Penangkapan Lalat Buah (Batrocera dorsalis) Pada Pertanaman Lalat Buah. Agrologia (1): 69-75.

Purnomo, Mayasari I, Fitriana Y, Wibowo L. 2019. Efektifitas Metil Eugenol Terhadap Penangkapan Lalat Buah Pada Pertanaman Cabai Di Kabupaten Tanggamus. Jurnal Agrotek Tropika. (1): 231-238.

Rajab AR, Listiany E, Pramudi IE. 2021. Inventarisasi lalat buah pada tanaman pada Cabai Rawit (Capsicum frustescens) di Desa Karya Maju Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Proteksi Tanaman Tropika 4(03).

Saputra M, Sarinah H, Hasanah M. 2019. Kelimpahan dan Dominansi Lalat Buah (Diptera: Tephritidae) pada pertanaman Cabai (Capsicum annum l). di Desa Paya Benua Bangka. Jurnal Agrosaintek. 3(1):36-41.

Sastono, W. dan I N. Wijaya. 2017. Identifikasi Jenis-Jenis Lalat Buah

(Diptera: Tephritidae) dan Kelimpahannya pada Pertanaman Jeruk

di Desa Katung,Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. E-Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

Siwi S, Suputa, Hidayat S. 2006. Pedoman pengelolaan Lalat Buah. Jakarta : Direktorat Perlindungan Tanaman Holtikultura.

Suputa. 2006. Taksonomi dan Bioekologi Lalat Buah Penting di Indonesia. Jakarta.

Suwarno S, Arianti L, Rasnovi S, Yasmin Y. 2018. Inventarisasi Lalat Buah (Diptera: Tephritidae) Pada Buah-Buahan di Kota Jantho Aceh Besar. Jurnal Bioleuser. 2(1): 5-11.

Syahfari H, Mujiyanto. 2016. Identifikasi Hama Lalat Buah (Diptera: Tephritidae) Pada Berbagai Macam Buah-Buahan. ZIRA’AH (1): 32-39.

Published
2022-04-25
How to Cite
Chahyadi, E., & Rayvondacande, R. (2022). INVENTARISASI LALAT BUAH BACTROCERA (TEPHRITIDAE) PADA LAHAN PERKEBUNAN CABAI DI KABUPATEN AGAM, SUMATERA BARAT. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 33-41. https://doi.org/10.31849/bl.v9i1.9869
Section
Article
Abstract viewed = 2413 times
PDF downloaded = 2040 times