Sosialisasi Pembuatan Pupuk Vermikompos Sebagai Upaya Peningkatan Potensi Desa di Desa Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak

  • Nursiani Lubis Universitas Riau
  • Intan Esri Universitas Riau
  • Kracye Gultom Universitas Riau
  • Nina Widyani Universitas Riau
  • Putri Islamy Universitas Riau
  • Nur Nadiya Universitas Riau
  • Meisya Irwanti Universitas Riau
  • Soni Hidayat Universitas Riau
  • Nurul Eja Cs Universitas Riau
  • Rickie Darmawan Universitas Riau
  • Bobfika Basri Universitas Riau
Keywords: Pupuk Vermikompos, Kotoran Sapi, Cacing Tanah (Lumbricus rubellus)

Abstract

Sosialisasi pembuatan pupuk vermikompos ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kampung Benteng Hulu, Kecamatan Mempura Kabupaten Siak untuk membuat kotoran ternak menjadi pupuk kompos dengan metode vermikompos hal ini dikarenakan banyaknya kotoran sapi yang meresahkan permasalahan warga dan Masyarakat yang kurang memahami pengelohan kotoran sapi supaya lebih bermanfaat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah kombinasi antara penyuluhan dan pelatihan terstruktur Hasil dari kegiatan ini adalah peserta mampu melihat potensi sumberdaya yang mereka miliki berupa kotoran ternak dan mengolahnya menjadi pupuk vermikompos yang lebih bermanfaat dan bernilai ekonomi. Dalam pelaksanaannya peserta mengalami kendala pada yaitu pada tahap proses komposting. Meskipun dalam proses pelaksanaannya peserta menghadapi beberapa kendala, namun dengan pendampingan dari tim pengabdian mereka mampu menyelesaikan kendala- kendala tersebut secara mandiri. Setelah mengikuti rangkaian kegiatan ini, para peserta mengetahui bahwa limbah peternakan yang mereka hasilkan memiliki nilai ekonomi jika dikelola dengan baik. Oleh karena itu saat ini mereka telah mempraktikan ilmu yang didapat secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyanto, M. A. K. 2011. Tipologi pendayagunaan kotoran sapi dalam upaya mendukung pertanian organik di desa Sumbersari Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. GAMMA 7 (1): 42-49.

Jarmuji, B. Brata dan U. Santoso. 2015. Penggunaan pelepah sawit dan sakura block pada sapi Kaur dan pemanfaatan feses sapi Kaur sebagai media tumbuh cacing tanah. Laporan Hibah Bersaing Tahun 1, Universitas Bengkulu, Bengkulu

Mayani, N., Jumini, J., & Maulidan, D. A. 2021. Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Kedelai (Glycine max L. Merrill) Pada Berbagai Dosis Pupuk Vermikompos dan Jarak Tanam. Jurnal Agrium, 18(2).

Pangaribuan, D. H., Yasir, M. dan Utami, N. K. 2012. Dampak bokashi kotoran ternak dalam pengurangan pemakaian pupuk anorganik pada budidaya tanaman tomat. J. Agron. Indonesia, 40 (3): 204-210.

Santoso, U., Jarmuji, J., & Brata, B. 2020. Pemanfaatan Kotoran Sapi untuk Budidaya Cacing Tanah dan Produksi Vermikompos di Wonoharjo Girimulyo Kabupaten Bengkulu Utara. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 119-132.

Published
2023-10-30
How to Cite
Lubis, N., Esri, I., Gultom, K., Widyani, N., Islamy, P., Nadiya, N., Irwanti, M., Hidayat, S., Eja Cs, N., Darmawan, R., & Basri, B. (2023). Sosialisasi Pembuatan Pupuk Vermikompos Sebagai Upaya Peningkatan Potensi Desa di Desa Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak. FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 82-88. https://doi.org/10.31849/fleksibel.v4i2.16236
Abstract viewed = 66 times
Pdf downloaded = 46 times