Pelatihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off Grid Pure Sine Wave (Psw) Capasitas 1000 Wp di Smk Negeri 1 Minas

  • Syahrizal Syahrizal Politeknik Caltex Riau
  • Arif Gunawan Politeknik Caltex Riau
  • Muzni Sahar Politeknik Caltex Riau
  • Chintya Kharisma Putri Politeknik Caltex Riau
Keywords: Off grid, Pembangkit listrik tenaga surya, Pure sine wave

Abstract

PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya adalah peralatan pembangkit listrik yang merubah cahaya matahari menjadi listrik. PLTS sering juga disebut Solar Cell, atau Solar Photovoltaic, atau Solar Energy. Dengan konsep yang sederhana yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik yang mana cahaya matahari adalah salah satu bentuk energi dari Sumber Daya Alam. Cahaya matahari sudah banyak digunakan untuk memasok daya listrik di satelit komunikasi melalui sel surya. Sel surya ini dapat menghasilkan energi yang tidak terbatas langsung diambil dari matahari, tidak memerlukan bahan bakar. Sehingga sel surya sering dikatakan bersih dan ramah lingkungan. PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya merupakan teknologi terbaru saat ini di bidang sumber daya energy terbarukan, untuk itu penting sebagai insan akademisi mampu mengembangkan keilmuan di bidang sumber daya energy terbarukan untuk kemajuan bangsa dan negara. Akan hal tersebut Program Studi Teknik Listrik, Politeknik Caltex Riau bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Minas bekerjasama untuk melaksanakan kegiatan pelatihan berkaitan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off Grid Pure Sine Wave 1000 WP yang akan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Minas. Adapun tujuan kegiatan ini adalah upaya meningkatkan kemampuan teknis tenaga pengajar dan siswa di SMK Negeri 1 Minas dalam dunia PLTS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Jamaaluddin, 2021. “Buku Petunjuk Pengoperasian PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)”. Umsida Press,

Ramadhani, Ing Bagus. 2018. “Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya”.Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (DJ EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Republik Indonesia.

Suhendar. 2022. “Dasar-Dasar Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya”. Media Edukasi Indonesia (Anggota IKAPI).

Sulistiyanto. 2023. “Pembangkit Listrik Energi Baru dan Terbarukan”. Ahlimedia Press.

Tim Penyusun. 2021. “Panduan Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya PLTS Terapung”. Dirjen Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Republik Indonesia.

Wibowo M.Kom, M.Si., M.M, Dr. Agus. 2022. “Instalasi Panel Listrik Surya”. Yayasan Prima Agus Teknik.

Published
2024-04-21
How to Cite
Syahrizal, S., Gunawan, A., Sahar, M., & Putri, C. K. (2024). Pelatihan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Off Grid Pure Sine Wave (Psw) Capasitas 1000 Wp di Smk Negeri 1 Minas. FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.31849/fleksibel.v5i1.16597
Abstract viewed = 0 times
Pdf downloaded = 0 times