Ibm Pendampingan Pelatihan Publikasi Artikel Ilmiah Melalui Open Journal Sytem (OJS) Dan Plagiarism Bagi Para Peneliti Muda
Abstract
Kewajiban untuk peneliti akademisi dalam menyebarluaskan hasil penelitiannya menimbulkan permasalahan bagi para peneliti muda dalam membuat dan mempublikasikan hasil penelitiannya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengatasi permasalahan mitra dengan melakukan peningkatan kemampuan dalam bentuk Pelatihan Publikasi Artikel Ilmiah Melalui Open Journal Sytem (OJS) Dan Anti-Plagiarisme Bagi Para Peneliti Muda. Metode kegiatan yang dilakukan adalah metode diskusi, metode sosialisasi dan demonstrasi, metode praktek dan metode pendampingan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah Secara keseluruhan kegiatan ini berlangsung dengan baik sesuai dengan waktu yang diberikan dan mendapatkan apresiasi yang baik dari para peserta. Berdasarkan hasil kuisioner dari seluruh peserta pelatihan terdapat 28 % memperoleh nilai akhir Sangat Baik, untuk peserta yang memperoleh nilai Baik sebesar 60 % dan nilai sedang sebesar 12%. Sedangkan tidak ditemukan peserta yang tidak terampil hal ini ditunjukan dengan diperolehnya nilai 0 %. Praktek yang dilakukan para peserta bisa terbukti berhasil hal ini dapat dilihat dari para peserta yang telah dapat menggunakan aplikasi aplikasi Open Journal Sytem (OJS) Dan Anti- Plagiarisme
Downloads
References
Astuti, E., & Isharijadi, I. (2019). Pengenalan Open Journal System (OJS) untuk Publikasi Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 409–414. https://doi.org/10.30653/002.201944.189
Faizuddin, H. (2017). Plagiarism dalam Karya atau Publikasi Ilmiah dan Langkah Strategis Pencegahannya. Libria, 9(1), 103–114.
Hartanto, D., Rengga, W. D. P., Bahlawan, Z. A. S., Pradnya, I. N., Sammadikun, W., & Sutrisno, A. (2019). Pelatihan Aplikasi Turnitin Dan Mendeley Software Bagi Mahasiswa Unnes Dalam Rangka Peningkaatan Kompetensi. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 272–275. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i1.239
Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penulisan Artikel dan Publikasi pada Open Journal System (OJS). Jurnal Ecogen, 2(4), 596. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7836
Putri, L. D., Soehardi, F., Dinata, M., & Dewi, S. H. (2023). Training on Publication of Scientific Articles Through the Open Journal System ( OJS ) and Plagiarism for the Literacy Community of Vocational School Teachers Pelatihan Publikasi Artikel Ilmiah Melalui Open Journal System ( OJS ) dan. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 1611–1617.
Sahla, W. A., Mukhlisah, N., Julkawait, & Irwansyah, R. (2019). IbM-Pelatihan Teknik Penulisan Parafrase. Jurnal Impact: Implementation and Action, 1(2), 162–168.
Sari, D. B. K. (2019). Pengenalan Open Journal System Madika Pusat Pendidikan Dan Pelatihan. MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 95–106. http://pkp.sfu.ca/?q=ojs
Sari, K., Nilakusmawati, D. P. E., Tastrawati, N. K. T., Astuti, L. G., & Widana, I. N. (2017). Studi Peningkatan Pengetahuan Guru Mengenai Sitasi Dalam Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Untuk meminimalkan Plagiarism. Buletin Udayana Mengabdi, 16(2), 114–119.
Soehardi, F., Putri, L. D., & Winayati, W. (2022). Training on Submitting Articles Through the Open Journal System (OJS) for the Pekanbaru Young Literacy Community. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 139–143. https://doi.org/10.35877/454ri.mattawang829
Yandra, A., Zamzami, & Febriandi, B. (2018). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pendeteksi Palgiat Untuk Dosen Universitas Lancang Kuning. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 283–286. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i2.1252
Yunus, A. M. S., Abadi, S., Bhuana, C., & Djalal, M. R. (2018). PKM Perguruan Tinggi di Dalam Pembuatan dan Manajemen Open Journal System (OJS). Prosiding Seminar Hasil Pengabdian (SNP2M), 1, 197–199.