Sosialisasi Cara Aman Penggunaan Peralatan Listrik dan Bahaya Listrik Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah I Pekanbaru

  • Elvira Zondra Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
  • Arleny Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
  • Monice Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning
Keywords: aman, anak, bahaya listrik, peralatan listrik

Abstract

Rumah dan fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah dan tempat sosial lainnya membutuhkan peralatan listrik. Selain bermanfaat, listrik juga berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Akibat penggunaan tidak sesuai atau kelalain terhadap sumber listrik, seperti instalasi yang tidak baik  mengakibatkan terjadinya kecelakaan atau kematian. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman bagi anak-anak dalam penggunaan peralatan listrik dan perangkat elektronik secara aman dari  bahaya listrik. Metode pelaksanaan kegiatan IPTEK bagi Masyarakat ini berupa penyampaian materi tentang cara aman penggunaan peralatan listrik dan bahaya listrik dengan  presentasi, audio visual dan buku cerita yang menggambarkan penggunaan peralatan listrik, dan peralatan elektronik serta sumber listrik yang berbahaya, berdampak buruk bagi anak jika tidak berhati-hati. Memberikan IPTEK, tentang gambaran penggunaan peralatan listrik serta peralatan elektronik yang aman dan bahaya listrik. Dengan memberikan gambar-gambar dan animasi melalui penyampaian kepada anak dapat lebih mudah dipahami. Mitra kegiatan berhasil meningkatkan pengetahuan dalam kegiatan penyuluhan sosialisasi cara aman penggunaan peralatan listrik dan bahaya listrik bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-04-30
How to Cite
Zondra, E., Arleny, & Monice. (2020). Sosialisasi Cara Aman Penggunaan Peralatan Listrik dan Bahaya Listrik Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah I Pekanbaru . FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-6. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/Fleksibel/article/view/6046
Abstract viewed = 314 times
PDF downloaded = 501 times