Pemenuhan Hak Pendidikan bagi Difabel SLB Sekar Teratai Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : SLB Sekar Teratai Srandakan Trimurti Bantul)

  • Harits Dwi Wiratma Universitas Respati Yogyakarta
  • Diansari Solihah Amini Program Studi Hubungan Internasional, Fakultsa Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Respati Yogyakarta
  • Tanti Nurgiyanti Program Studi Hubungan Internasional, Fakultsa Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Respati Yogyakarta
Keywords: Pandemi Covid-19, Undang-Undang, Disabilitas.

Abstract

Situasi dan kondisi global saat ini tengah ditantang menghadapi permasalahan pandemi Covid-19 yang mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Tantangan tersebut juga dialami dalam dunia pendidikan, salah satunya dalam pendidikan untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus (ABK). Pemenuhan dan keberlangsungan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus merupakan hak yang wajib diberikan pemerintah melalui sekolah. Artikel ini mengulas mengenai pemenuhan kebutuhan pendidikan para ABK selama pandemi. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah kualitatif, dan data dikumpulkan dengan pendekatan wawancara dan sosialisasi/ pemaparan. Dari artikel ini diketahui bahwa pembelajaran daring yang biasa dilaksanakan terbukti tidak efektif untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Dalam beradaptasi selama pandemi para guru kemudian menggunakan kunjungan ke rumah untuk memenuhi kebutuhan pendidikan para ABK. Meskipun para guru belum begitu memahami aturan mengenai hak-hak ABK, mereka secara tidak langsung telah merujuk kepada Konvensi Hak-Hak Penyandang Disabilitas dan Undang-Undang (UU) No. 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-28
How to Cite
Harits Dwi Wiratma, Amini, D. S., & Nurgiyanti, T. (2021). Pemenuhan Hak Pendidikan bagi Difabel SLB Sekar Teratai Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus : SLB Sekar Teratai Srandakan Trimurti Bantul). FLEKSIBEL: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 78 - 84. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/Fleksibel/article/view/7822
Abstract viewed = 208 times
pdf downloaded = 256 times