https://journal.unilak.ac.id/index.php/JPPKhLectura/issue/feed JPPKh Lectura: Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus 2024-06-27T04:47:14+00:00 Meta Silfia Novembli [email protected] Open Journal Systems <p>JPPKh Lectura: Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) diharapkan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika tentang berbagai macam inovasi dan solusi-solusi dalam berbagai persoalan bidang pendidikan khusus dalam masyarakat.</p> https://journal.unilak.ac.id/index.php/JPPKhLectura/article/view/20495 Kesehatan Reproduksi: Psikoedukasi Remaja Disabilitas 2024-06-06T02:02:19+00:00 Rahmat Ramadansur [email protected] Nisaul Hasanah [email protected] Meta Silfia Novembli [email protected] <p><em>Remaja mengalami perubahan dalam fisik seperti perkembangan seks sekunder dan organ reproduksi. Remaja mulai tertarik dengan seksualitasnya dan memiliki perhatian terhadap lawan jenis. Perubahan tersebut tidak hanya terjadi pada remaja pada umumnya, tetapi remaja disabilitas juga mengalami hal yang serupa. Remaja disabilitas membutuhkan pengetahuan terkait dengan pengalaman seksualnya dan kesehatan reproduksi, tapi kenyataannya pengetahuan remaja disabilitas masih sangat kurang sehingga tak jarang mereka mendapatkan kekerasan seksual. Di SLB Melati guru melaporkan bahwa siswa-siswi mereka belum paham cara melindungi diri dari pelecehan seksual dan kesehatan reproduksi. Lebih lanjut, jumlah siswa-siswi di SLB Melati yang rata-rata sudah memasuki usia remaja menjadi perhatian bagi sekolah untuk pemberian edukasi terkait seksualitas mereka. Maka dari itu, penting untuk memberikan psikoedukasi kepada remaja disabilitas di SLB Melati untuk meningkatkan kesadaran kesehatan reproduksi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat &nbsp;peningkatan pengetahuan peserta sebesar 46,5% setelah kegiatan dilakukan.</em></p> 2024-06-06T01:52:31+00:00 Copyright (c) 2024 JPPKh Lectura: Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus https://journal.unilak.ac.id/index.php/JPPKhLectura/article/view/20071 Pendampingan Anak Tunagrahita SLB-C AKW Kumara I Surabaya 2024-06-06T02:02:19+00:00 Muhamad Zakhi Ramadhan [email protected] Nova Estu Harsiwi [email protected] <p><em>Penelitian ini berjudul “Pendampingan Anak Tunagrahita SLB-C AKW Kumara I Surabaya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pendampingan dan pembelajaran anak tunagrahita di SLB-C AKW Kumara I Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di SLB-C AKW Kumara I Surabaya sudah cukup baik karena dilakukan dengan pendekatan khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah serta menggunakan media pembelajaran yang menunjang seperti flashcard. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan munculnya tantangan dan kendala saat kegiatan pembelajaran berlangsung sehingga mengharuskan guru kreatif dalam menyelesaikan masalah.</em></p> 2024-06-06T02:01:05+00:00 Copyright (c) 2024 JPPKh Lectura: Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus https://journal.unilak.ac.id/index.php/JPPKhLectura/article/view/18808 Pelatihan Barista untuk Anak Berkebutuhan Khusus 2024-06-26T03:44:12+00:00 Effran Zudeta [email protected] Sri Wahyuni [email protected] Dina Fitriani [email protected] Yesi Novita Sari [email protected] AlKhudri Sembiring [email protected] <p><em>Anak berkebutuhan khusus salah satunya Tunarungu di SLB Sri Mujinab sangat tertarik dengan barista namun hal tersebut merupakan hal baru bagi mereka. Minim dan terbatasnya kemampuan cara berkomunikasi dan cara bekerja sebagai barista di sebuah kedai makanan dan minuman menjadi persoalan utama anak tunarungu. Oleh karena itu, melihat persoalan ini, perlu dilakukan upaya edukatif dalam bentuk pelatihan keterampilan bekerja dan berkomunikasi bahasa baik secara isyarat dan oral yang dibutuhkan untuk menjadi seorang barista. Kegiatan pelatihan barista ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baik secara teoritis dan praktis seputar cara menjadi barista serta ekspresi-ekspresi serta kosakata yang lazim digunakan dalam memberikan pelayanan. Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini dapat memberikan servis secara lebih baik dan maksimal kepada para tamu. Metode&nbsp;&nbsp; pelaksanaan kegiatan&nbsp;&nbsp; berupa&nbsp;&nbsp; sosialisasi,&nbsp;&nbsp; dan&nbsp;&nbsp; praktik&nbsp;&nbsp; latihan keterampilan khusus pada ketrampilan hidup menjadi barista di SLB Sri Mujinab. Hasil&nbsp; Dari pelaksanaan&nbsp;&nbsp; kegiatan&nbsp;&nbsp; pengabdian ini adalah&nbsp;&nbsp; terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta. Hal&nbsp;&nbsp; ini&nbsp;&nbsp; tergambar&nbsp; dari&nbsp;&nbsp; peningkatan&nbsp;&nbsp; persentase pengetahuan&nbsp; dan&nbsp;&nbsp; keterampilan&nbsp;&nbsp; peserta&nbsp;&nbsp;&nbsp; setelah mengikuti&nbsp; kegiatandari&nbsp; persentase&nbsp; 39.25%&nbsp; menjadi 80%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa Pelatihan efektif.</em></p> 2024-06-26T03:44:12+00:00 Copyright (c) 2024 JPPKh Lectura: Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus https://journal.unilak.ac.id/index.php/JPPKhLectura/article/view/20721 Edukasi Usaha Variasi Sepeda Motor Bagi Anak Berkebutuhan Khusus 2024-06-27T04:47:14+00:00 Fajar Maulana [email protected] Bintha Ustafiano [email protected] Nisaul Hasanah [email protected] Meta Silfia Novembli [email protected] <p><em>Usaha variasi sepeda motor memiliki peluang yang cukup besar dan memiliki banyak peminat bagi pengguna sepeda motor. Salah satu usaha pada variasi sepeda motor adalah kustom, askesoris, reparasi ban dan jok, modifikasi lampu, cutting stiker dan lainnya. Pengerjaan variasi sepeda motor tidak memerlukan banyak kemampuan berpikir, sehingga cocok bagi anak berkebutuhan khusus. Namun, permasalahan yang terjadi di SLB Negeri Pembina adalah kurangnya jumlah guru dan pemahaman guru mengenai variasi sepeda motor yang sedang banyak diminati oleh setiap kalangan masyarakat sehingga pihak sekolah tidak memberikan keterampilan tersebut kepada siswa-siswinya. Oleh karena itu, diperlukan pemberikan edukasi mengenai usaha variasi sepeda motor dan praktek pengerjaan variasi sepeda motor. Dengan pemberian edukasi ini diharapkan siswa-siswi di SLB Negeri Pembina memiliki keterampilan baru dan dapat berdaya secara ekonomi setelah menyelesaikan pendidikannya</em></p> 2024-06-27T04:47:13+00:00 Copyright (c) 2024 JPPKh Lectura: Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus