JPPKh Lectura: Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus https://journal.unilak.ac.id/index.php/JPPKhLectura <p>JPPKh Lectura: Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Pendidikan dan Vokasi, Universitas Lancang Kuning. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) diharapkan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika tentang berbagai macam inovasi dan solusi-solusi dalam berbagai persoalan bidang pendidikan khusus dalam masyarakat.</p> en-US [email protected] (Meta Silfia Novembli) [email protected] (Meta Silfia Novembli) Thu, 06 Jun 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Kesehatan Reproduksi: Psikoedukasi Remaja Disabilitas https://journal.unilak.ac.id/index.php/JPPKhLectura/article/view/20495 <p><em>Remaja mengalami perubahan dalam fisik seperti perkembangan seks sekunder dan organ reproduksi. Remaja mulai tertarik dengan seksualitasnya dan memiliki perhatian terhadap lawan jenis. Perubahan tersebut tidak hanya terjadi pada remaja pada umumnya, tetapi remaja disabilitas juga mengalami hal yang serupa. Remaja disabilitas membutuhkan pengetahuan terkait dengan pengalaman seksualnya dan kesehatan reproduksi, tapi kenyataannya pengetahuan remaja disabilitas masih sangat kurang sehingga tak jarang mereka mendapatkan kekerasan seksual. Di SLB Melati guru melaporkan bahwa siswa-siswi mereka belum paham cara melindungi diri dari pelecehan seksual dan kesehatan reproduksi. Lebih lanjut, jumlah siswa-siswi di SLB Melati yang rata-rata sudah memasuki usia remaja menjadi perhatian bagi sekolah untuk pemberian edukasi terkait seksualitas mereka. Maka dari itu, penting untuk memberikan psikoedukasi kepada remaja disabilitas di SLB Melati untuk meningkatkan kesadaran kesehatan reproduksi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat &nbsp;peningkatan pengetahuan peserta sebesar 46,5% setelah kegiatan dilakukan.</em></p> Rahmat Ramadansur, Nisaul Hasanah, Meta Silfia Novembli Copyright (c) 2024 JPPKh Lectura: Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/JPPKhLectura/article/view/20495 Thu, 06 Jun 2024 01:52:31 +0000 Pendampingan Anak Tunagrahita SLB-C AKW Kumara I Surabaya https://journal.unilak.ac.id/index.php/JPPKhLectura/article/view/20071 <p><em>Penelitian ini berjudul “Pendampingan Anak Tunagrahita SLB-C AKW Kumara I Surabaya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pendampingan dan pembelajaran anak tunagrahita di SLB-C AKW Kumara I Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di SLB-C AKW Kumara I Surabaya sudah cukup baik karena dilakukan dengan pendekatan khusus sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode ceramah serta menggunakan media pembelajaran yang menunjang seperti flashcard. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan munculnya tantangan dan kendala saat kegiatan pembelajaran berlangsung sehingga mengharuskan guru kreatif dalam menyelesaikan masalah.</em></p> Muhamad Zakhi Ramadhan, Nova Estu Harsiwi Copyright (c) 2024 JPPKh Lectura: Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/JPPKhLectura/article/view/20071 Thu, 06 Jun 2024 02:01:05 +0000 Pelatihan Barista untuk Anak Berkebutuhan Khusus https://journal.unilak.ac.id/index.php/JPPKhLectura/article/view/18808 <p><em>Anak berkebutuhan khusus salah satunya Tunarungu di SLB Sri Mujinab sangat tertarik dengan barista namun hal tersebut merupakan hal baru bagi mereka. Minim dan terbatasnya kemampuan cara berkomunikasi dan cara bekerja sebagai barista di sebuah kedai makanan dan minuman menjadi persoalan utama anak tunarungu. Oleh karena itu, melihat persoalan ini, perlu dilakukan upaya edukatif dalam bentuk pelatihan keterampilan bekerja dan berkomunikasi bahasa baik secara isyarat dan oral yang dibutuhkan untuk menjadi seorang barista. Kegiatan pelatihan barista ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baik secara teoritis dan praktis seputar cara menjadi barista serta ekspresi-ekspresi serta kosakata yang lazim digunakan dalam memberikan pelayanan. Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini dapat memberikan servis secara lebih baik dan maksimal kepada para tamu. Metode&nbsp;&nbsp; pelaksanaan kegiatan&nbsp;&nbsp; berupa&nbsp;&nbsp; sosialisasi,&nbsp;&nbsp; dan&nbsp;&nbsp; praktik&nbsp;&nbsp; latihan keterampilan khusus pada ketrampilan hidup menjadi barista di SLB Sri Mujinab. Hasil&nbsp; Dari pelaksanaan&nbsp;&nbsp; kegiatan&nbsp;&nbsp; pengabdian ini adalah&nbsp;&nbsp; terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta. Hal&nbsp;&nbsp; ini&nbsp;&nbsp; tergambar&nbsp; dari&nbsp;&nbsp; peningkatan&nbsp;&nbsp; persentase pengetahuan&nbsp; dan&nbsp;&nbsp; keterampilan&nbsp;&nbsp; peserta&nbsp;&nbsp;&nbsp; setelah mengikuti&nbsp; kegiatandari&nbsp; persentase&nbsp; 39.25%&nbsp; menjadi 80%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa Pelatihan efektif.</em></p> Effran Zudeta, Sri Wahyuni, Dina Fitriani, Yesi Novita Sari, AlKhudri Sembiring Copyright (c) 2024 JPPKh Lectura: Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/JPPKhLectura/article/view/18808 Wed, 26 Jun 2024 03:44:12 +0000 Edukasi Usaha Variasi Sepeda Motor Bagi Anak Berkebutuhan Khusus https://journal.unilak.ac.id/index.php/JPPKhLectura/article/view/20721 <p><em>Usaha variasi sepeda motor memiliki peluang yang cukup besar dan memiliki banyak peminat bagi pengguna sepeda motor. Salah satu usaha pada variasi sepeda motor adalah kustom, askesoris, reparasi ban dan jok, modifikasi lampu, cutting stiker dan lainnya. Pengerjaan variasi sepeda motor tidak memerlukan banyak kemampuan berpikir, sehingga cocok bagi anak berkebutuhan khusus. Namun, permasalahan yang terjadi di SLB Negeri Pembina adalah kurangnya jumlah guru dan pemahaman guru mengenai variasi sepeda motor yang sedang banyak diminati oleh setiap kalangan masyarakat sehingga pihak sekolah tidak memberikan keterampilan tersebut kepada siswa-siswinya. Oleh karena itu, diperlukan pemberikan edukasi mengenai usaha variasi sepeda motor dan praktek pengerjaan variasi sepeda motor. Dengan pemberian edukasi ini diharapkan siswa-siswi di SLB Negeri Pembina memiliki keterampilan baru dan dapat berdaya secara ekonomi setelah menyelesaikan pendidikannya</em></p> Fajar Maulana, Bintha Ustafiano, Nisaul Hasanah, Meta Silfia Novembli Copyright (c) 2024 JPPKh Lectura: Jurnal Pengabdian Pendidikan Khusus https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.unilak.ac.id/index.php/JPPKhLectura/article/view/20721 Thu, 27 Jun 2024 04:47:13 +0000