Analisis Penerapan Kebijakan Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 7 Pekanbaru

  • Supriadi Universitas Lancang Kuning
  • Bintha Ustafiano Universitas Lancang Kuning
  • Fajar Maulana Universitas Lancang Kuning
Keywords: Analysis, Independent Learning, Vocational High School Curriculum

Abstract

Tujuan penelitian  ini adalah untuk mendapatkan gambaran: 1). Bagaimana penerapan kebijakan Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 7 Pekanbaru, 2) Apa hambatan penerapan kebijakan Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 7 Pekanbaru, serta 3) Apa upaya yang ditempuh untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipasi aktif, wawancara dan studi dokumen. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa: 1) Penerapan kebijakan Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 7 Pekanbaru dengan melaksanakan sistem pendidikan pada ranah input, proses, dan output; 2) Hambatan penerapan merdeka belajar dari SMKN 7 Pekanbaru meliputi (1) Pemenuhan kompetensi industri memerlukan peningkatan kompetensi guru yang terprogram; (2) Guru belum mempunyai pengalaman lapangan dalam penerapan kompetensi industri; (3) Perubahan standar kompetensi industri yang dinamis memerlukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan dan pemenuhan sarana prasarana yang memadai; (4) Kesulitan memfasilitasi pembelajaran dengan efektif sesuai dengan budaya industri; 3) Upaya untuk mengatasi kendala yang ada dari penerapan merdeka belajar adalah: a) Membuat program kesepakatan kerjasama antara SMK dengan pihak Industri; (b) Mengembangkan metode pembelajaran yang mampu menciptakan nuansa kerja seperti di perusahaan; (c) Sinkronisasi kurikulum dengan industri rekanan untuk penyusunan kurikulum; (d) Meningkatkan kompetensi guru dalam konteks pemenuhan harapan industri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-30
Section
Articles
Abstract viewed = 6 times
pdf downloaded = 22 times