Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Modul dan Jobsheet Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Otomotif Kelas X SMK Negeri 8 Pekanbaru

  • Meiyaldi Eka Putra Universitas Lancang Kuning
  • Supriadi Universitas Lancang Kuning
Keywords: Bahan ajar, motivasi, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SMK N 8 Pekanbaru rendahnya hasil belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif, dalam proses belajar mengajar guru hanya menggunakan metode ceramah dan media yang digunakan adalah papan tulis, hal ini dianggap kurang efektif karena sebagian waktu yang tersedia hanya digunakan untuk mencatat materi di papan tulis, selain itu metode pembelajaran yang digunakan juga lebih menuntut peran aktif guru dibandingkan siswanya. Oleh sebab itu peneliti ingin meneliti tentang pengaruh penggunaan bahan ajar modul dan jobsheet terhadap motivas dan hasil belajar siswa kelas X jurusan teknik otomotif. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen untuk melihat perbandingan motivasi dan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar dan siswa yang tidak menggunakan bahan ajar. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa adanya pengaruh penggunaan bahan ajar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dengan nilai siswa yang menggunakan bahan ajar  8.35 persen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai siswa yang tidak menggunakan bahan ajar pada jurusan teknik otomotif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-06
Section
Articles
Abstract viewed = 4 times
pdf downloaded = 4 times