Jamalk: JURNAL MANAJEMEN LANCANG KUNING https://journal.unilak.ac.id/index.php/Jamalk <p>JAMALK : Jurnal Manajemen Lancang Kuning (ISSN Online: XXXX-XXXX) diterbitkan oleh Universitas Lancang Kuning. Jurnal ini terbit dua kali pada bulan Juni dan Desember. Ini berisi artikel seperti makalah ilmiah (penelitian dan non-penelitian), studi analitis, aplikasi teoritis dan tinjauan masalah manajemen fokus pada manajemen SDM, manajemen pemasaran dan manajemen keuangan. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas serta penyebarannya di kalangan intelektual, praktisi, mahasiswa dan pemerhati masalah manajemen.</p> en-US [email protected] (Idel Waldelmi) [email protected] (Afvan Aquino) Wed, 07 Jun 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BTN SYARIAH CABANG ARIFIN AHMAD PEKANBARU https://journal.unilak.ac.id/index.php/Jamalk/article/view/15541 <p>&nbsp;</p> <p>“Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank BTN Syariah Cabang Arifin Ahmad Pekanbaru. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan mendeskripsikan keadaan responden serta deskripsi variabel penelitian”.</p> <p>“Objek penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah nasabah Bank BTN Syariah Cabang Arifin Ahmad Pekanbaru, populasi sebanyak 1.650 orang dan sampel sebanyak 96 orang. Adapun uji yang digunakan adalah sebagai berikut Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Multiolinearitas, Uji Heterokedastisitas, Uji Hipotesis, Uji Statistik (Uji t), Uji Statistik (Uji f), Analisis Linear Berganda, serta koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistik Versi 16”.</p> <p>“Hasil penelitian ini menunjukkan variabel independen yang di uji berpengaruh secara bersama-sama positif dan signifikan terhadap variabel dependen melalui uji t, Dari perhitungan rumus besaran sampel sebesar <strong>95,9</strong> dan dibulatkan sebanyak <strong>96</strong> responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa diketahui nilai sig untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar <strong>0,000 &lt; 0,05</strong> dan nilai t hitung <strong>5.994 &gt; 1.98552</strong> sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 terhadap Y, dengan nilai determinasi <strong>28%</strong> berkategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial dan simultan memiliki pengaruh yang postif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Bank BTN Syariah Cabang Arifin Ahmad Pekanbaru”.</p> Norhayati Norhayati, Arizal N, Efrita Soviyanti Copyright (c) 2023 JAMALK: Jurnal Manajemen Lancang Kuning https://journal.unilak.ac.id/index.php/Jamalk/article/view/15541 Sun, 29 Oct 2023 16:32:49 +0000 PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, DESA, KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI RIAU https://journal.unilak.ac.id/index.php/Jamalk/article/view/15542 <p><em>The purpose of this research is to identify how the Community Empowerment, Village, Population, and Civil Registration Office of Riau Province's work environment and culture affect employee performance. The questionnaire employed in the research measured factors along a likert scale, and its results were analyzed with the use of SPSS Version 25 for Windows utilizing validity, reliability, normalcy, multiple linear regression, partial tests (t tests), and simultaneous tests (F tests). Using the saturated sample approach, we sampled from a population of 100 persons (census method). Statistical analysis indicates that there is a significant positive relationship between workplace environment and employee performance (tcount &gt; ttable = 3.087 &gt; 1.985, sig. = 0.003 0.05), between workplace culture and employee performance (tcount &gt; ttable = 6.542 &gt; 1.985, sig. = 0.000 0.05), and between workplace environment and organizational culture (tcount &gt; ttable = 6.542 &gt; 1.985, sig. = 0.000 0.05).</em></p> Iis Dwi Sutanti, Fatkhurahman Fatkhurahman, Aznuriyandi Aznuriyandi Copyright (c) 2023 JAMALK: Jurnal Manajemen Lancang Kuning https://journal.unilak.ac.id/index.php/Jamalk/article/view/15542 Mon, 20 Nov 2023 06:27:47 +0000 ANALISIS KINERJA KEUANGAN DENGAN MODEL ALTMAN Z-SCORE PADA PT. UNILEVER INDONESIA TBK https://journal.unilak.ac.id/index.php/Jamalk/article/view/15618 <p class="Default" style="text-align: justify;">Penilaian kinerja keuangan perusahaan umumnya menggunakan analisis likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas. Kelemahan didalam metode tersebut tidak dapat mengukur kinerja perusahaan secara akurat. Hal ini disebabkan karena data yang digunakan adalah data akuntansi yang tidak terlepas dari penafsiran atau estimasi yang dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam distorsi sehingga kinerja keuangan perusahaan tidak terukur secara tepat dan akurat. Maka dari itu untuk menilai kondisi keuangan suatu perusahaan merupakan hal yang sangat penting karena dapat digunakan sebagai alat kinerja keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan PT.Unilever Indonesia TBK dengan model Altman Z-Score pada tahun 2015-2020. Berdasarkan hasil perhitungan model Altman Z-Score pada PT.Unilever Indonesia Tbk pada tahun 2015 – 2020, Penelitian mengambil kesimpulan bahwa PT.Unilever Indonesia memiliki kinerja Keuangan yang sangat baik dan buruk yang artinya selama 6 tahun terakhir PT.Unilever Indonesia Tbk berada di Katagori sangat sehat dan perusahaan tidak mengalami kebangkrutan. Selama 6 tahun berturut-turut PT Unilever Indonesia Tbk menghasilkan Z-Score yang berfluktuasi, dimana tahun 2016 terjadi penurunan sebesar 3,925 dan kenaikan tertinggi berada di tahun 2018 sebesar 5,377.</p> T. Ridho Nanda Cahyadi, Idel Waldelmi, Aznuriyandi Aznuriyandi Copyright (c) 2023 JAMALK: Jurnal Manajemen Lancang Kuning https://journal.unilak.ac.id/index.php/Jamalk/article/view/15618 Mon, 20 Nov 2023 06:50:47 +0000 PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANTOR KECAMATAN RUMBAI DAN KANTOR KECAMATAN RUMBAI TIMUR PEKANBARU https://journal.unilak.ac.id/index.php/Jamalk/article/view/15544 <p><em>This study aims to see the effect of leadership style, work motivation, and work discipline on the performance of the employees of the East Rumbai District office and the Pekanbaru East Rumbai District office. The population in this study were all employees of the Rumbai District and East Rumbai Pekanbaru, which amounted to 51 employees, did not use a sampling technique because in this study only a population of 51 employees was used. The data analysis used in this research is descriptive and quantitative analysis. The analysis method used is multiple linear regression equation. The results show that leadership style, work motivation, and work discipline have a positive and significant effect, this can be seen from the coefficient of determination (R2) of 0.652 indicating that 65.2% of employee performance at the Rumbai sub-district office and the Rumbai Timur sub-district office can be explained or caused by leadership style, work motivation and work discipline. In other words, leadership style, work motivation and work discipline have an effect of 65.2% on employee performance. While the remaining 34.8% is the influence of other factors outside of leadership style, work motivation and work discipline.</em></p> Veni Febria Emza, Nurmansyah Nurmansyah, Aznuriyandi Aznuriyandi Copyright (c) 2023 JAMALK: Jurnal Manajemen Lancang Kuning https://journal.unilak.ac.id/index.php/Jamalk/article/view/15544 Mon, 20 Nov 2023 07:35:23 +0000 PENGARUHKUALITAS PELAYANANJASA TERHADAP KEPUASANPASIEN PADA FOCUS CLINICAL LABORATORY PEKANBARU https://journal.unilak.ac.id/index.php/Jamalk/article/view/15543 <p><em>The purposeof this study was to determinewhether the quality of service has an effect on patient satisfaction at the Pekanbaru Focus Clinical Laboratory. The population in this study were patients from Focus Clinical Laboratory Pekanbaru in 2020 as many as 7747 patients. Because of the large population, using the Slovin formula, the sample in this study was 99 patients. In writing this thesis, the author used data analysis with quantitative descriptive methods, with data processing using SPSS. In this study, based on the results of research, it is known that the quality of service with tcount (8.486) &gt; ttable (1.980), it can be said that there is a real influence between service quality variables on customer satisfaction variables. Besides, the probability value of 0.000 is smaller than 0.05 indicating that service quality (X) has a significant effect on customer satisfaction (Y). The percentage of the influence of the independent variable on the dependent is 42.6% while the remaining 57.4% is influenced or explained by other variables that are not included in this research model such as price, promotion and so on for further research inorder to add ariables to get a larger R<sup>2</sup>.</em></p> Widya Triana Putri, Fatkhurahman Fatkhurahman, Aznuriyandi Aznuriyandi Copyright (c) 2024 JAMALK: Jurnal Manajemen Lancang Kuning https://journal.unilak.ac.id/index.php/Jamalk/article/view/15543 Fri, 05 Jan 2024 23:40:54 +0000