Bangunan Tempat Ibadah Kota Cirebon sebagai Inovasi Bahan Ajar terintegrasi Challenge Based Learning bernuansa Etnomatematika

  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang
  • Dita Ayuni Tasya
  • Ulya Farahani
  • Siti Huda Dienina
Keywords: Challenge Based Learning, Ethnomathematical, Mathematical Problem Solving, Textbooks

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar dengan model Challenge Based Learning bernuansa Etnomatematika melalui objek bangunan tempat ibadah di Kota Cirebon terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Bahan ajar ini berfokus pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian dan pengembangan dilakukan menggunakan metode 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), namun hanya sampai pada tahap Develop. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket dengan menggunakan lembar kelayakan, lembar keterbacaan, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan nilai kelayakan mencapai persentase rata-rata sebesar  dengan kategori sangat layak, nilai keterbacaan mencapai persentase rata-rata  dengan kategori tinggi, dan respons siswa mencapai persentase rata-rata  dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh yaitu bahan ajar yang dikembangkan ini layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran matematika. Untuk penelitian lebih lanjut dapat dilaksanakan untuk menguji efektivitas dari bahan ajar tersebut terhadap kemampuan pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, D., Mastur, Z., & Sutarto, H. (2015). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9056.

Ambrosio, U. (2016). An overview of the history of ethnomathematics. In current and future perspectives of ethnomathematics as a program. Hamburg: Springer.

Ardiansyah, A. S., Agung, G., Cahya, N., & Dinasari, A. (2022). Upaya Mengembangkan Keterampilan 4C melalui Challenge Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 627-637.

Azizah, G. N. & Sundayana, R. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Sikap Siswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Air Dan Probing-Prompting. Mosharaf : Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(3), 305-314.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Efanudin, A. F. & Wibawa, S. C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Video Animasi pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar untuk Siswa Kelas X Jurusan RPL di Smk Krian 1 Sidoarjo. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(2).

Imswatama, Aristya. Lukman, Hamidah Suryani. (2018). Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Prosding SENAMKU: Seminar Nasional Pendidikan Matematika UHAMKA, vol 1.

Johnson, L & Adams, S. (2011). Challenge Based Learning: The Report from the

Implementation Project. Jurnal. Austin, Texas: The New Media

Consortium.

Kaniawati, Dewi Susanti (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Challenge Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Listrik Arus Searah. Jurnal Praktik Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar dan Menengah, vol 1(2).

Lingga, Alif & Sari, Winda. (2013). Pengaruh kemampuan berpikir aljabar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika (studi kasus di kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon). EduMa, 2(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v2i2.45.

MAHFUZH, Tunut (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Cbl Berbantuan E-Learning Kahoot Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik. Undergraduate Thesis, Uin Raden Intan Lampung.

Niam, M. A., & Asikin, M. (2020). The Development of Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM)-Based Mathematics Teaching Materials To Increase Mathematical Connection Ability. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 153-167.

Nichols, M., Cator, K., and Torres, M. (2016) Challenge Based Learner User

Guide. Redwood City, CA: Digital Promise.

Rakhmawati M, Rosida. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). 21-230.

Rizki, S., & Linuhung, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear berbasis Kontekstual dan ICT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 137-144.

Siwono, Tatag Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan danPemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unesa university.

Sugianto, S. D., Ahied, M., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Proyek Terintegrasi STEM pada Materi Tekanan. Natural Science Education Research, 1(1), 28-39.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY, 1(1), 114-118.

Yoosomboon, S. & P. Wannapiroon. (2015). Development of a Challenge Based Learning Model Via Cloud Technology and Social Media for Enhancing Information Management Skills. Procedia Social and Behavioral Sciences, 174: 2102-2107.

Zuriah, Nurul., Sunaryo, Hari., Yusuf, Nurbani. (2016). Ibm Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, 13.

Published
2022-11-17
Abstract viewed = 753 times
PDF downloaded = 179 times