Pengaruh Good Corporate Governance, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing, Kualitas Aktiva Produktif, dan Dana Pihak Ketiga Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah

  • Sri Muliyanti Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau
  • Restu Agusti Universitas Riau
  • Azhari Azhari Universitas Riau
Keywords: Kinerja Keuangan, Tata Kelola Perusahaan yang Baik, Rasio Kecukupan Modal, Pembiayaan Bermasalah, Kualitas Aktiva Produktif, Dana Pihak Ketiga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Good Corporate Governance, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing, Earning Asset Quality dan Dana Pihak Ketiga terhadap kinerja keuangan perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan Return on Assets sebagai proksi untuk mengukur kinerja keuangan perbankan syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2015-2019. Sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling, sehingga bank syariah yang dijadikan sampel adalah 12 bank umum syariah dengan total 60 observasi. Metode analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa good corporate governance, capital adequacy ratio, dan non performing financing berpengaruh terhadap kinerja keuangan pada α < 0,05, sedangkan variabel kualitas aktiva produktif dan dana pihak ketiga tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan syariah. perbankan pada α < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almunawaroh, M. (2017). Analisis Pengaruh Kecukupan Modal, Kualitas Aktiva Produktif dan Likuiditas Terhadap Kinerja Bank Umum Syariah di Indonesia. Akuntansi, 12(1), 69–84.

Baitullah, S., Rahmah, S., & Muslimah. (2020). Pengaruh Risiko Pembiayaan, Kecukupan Modal, Dana Pihak Ketiga dan Efisiensi Operasional Terhadap Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al -Affan, 1(1), 91–97, Stit Al Quranaiyyah Manna, Bengkulu.

Chaerunisak, U. H., Wardani, D. K., & Prihatiningrum, Z. T. (2019). Pengaruh Capital Adequacy Ratio (Car) Dan Biaya Operasional Pendapatan Operasional (Bopo) Terhadap Kinerja Bank Syariah. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora, Yogyakarta

Dewi, P. P. E. R., & Tenaya, A. I. (2017). Pengaruh Penerapan Gcg Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Di Bei Periode 2013-2016. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Bali.

Haryo Firas Tunas Kuncoro, Syaiful Anam, M. S. (2017). Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Non Performing Financing Terhadap Return On Asset Pada Bprs Di Indonesia. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, Surabaya.

Ningrum, D. P. (2020). Pengaruh Rasio Kesehatan Bank, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Pembiayaan Bagi Hasil Terhadap Profitabilitas Bank Syariah, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang.

Pravasanti, Y. A. (2018). Pengaruh Npf Dan Fdr Terhadap Car Dan Dampaknya Terhadap Roa Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Sukoharjo.

Sunarto, N., & Supriati, S. (2017). Pengaruh Kualitas Aktiva Produktif Terhadap Return On Assets (Studi Pada Bank Umum Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2010 ). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, Bengkalis.

Tristiningtyas, V., Mutaher, O., Osmad Mutaher, D., & Si, M. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Akuntansi Indonesia, Semarang.

Wiyono, G. (2013). Analisis Potensi Rasio Camel Sebagai Indikator Sinyal Kondisi Bermasalah Bank Perkreditan Rakyat Konvensional Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yundi, N. F., & Sudarsono, H. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Return on Asset (ROA) Bank Syariah di Indonesia. Al-Amwal : Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, Yogyakarta.

Published
2023-01-26
Abstract viewed = 595 times
PDF downloaded = 546 times