Implementasi Importance Performance Analysis Sebagai Evaluasi Kualitas Pembelajaran On Line

  • Lisa Ratnasari Universitas Sahid
  • Farhat Umar Universitas Sahid
  • Ninin Gusdini Universitas Sahid
Keywords: servqual, Importance Performance Analysis, covid-19

Abstract

Perubahan metode pembelajaran dari tatap muka langgung (off line) menjadi pembelajaran on line pada masa pandemi membuat pembelajaran tidak dapat berjalan dengan maksimal. Oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas metode pembelajaran on line supaya kualitas layanan tetap terjaga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa selama pembelajaran on line pada masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian dari 17 atribut yang diukur, diperoleh  rata- rata nilai tingkat harapan  dari seluruh  atribut adalah 4,537, dan rata-rata nilai tingkat persepsi dari  atribut adalah 4,411. Berdasarkan hasil matriks IPA, prioritas perbaikan yang harus dilakukan adalah  kemudahan akses dan koneksi platform pembelajaran online, dosen handal dalam penggunaan platform pembelajaran online, dosen merespon dengan cepat dan efisisen tentang kebutuhan mahasiswa selama belajar online, dosen mampu beradaptasi dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran online, dosen memahami kesulitan mahasiswa dalam proses pembelajaran online.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, S., & Devesh, S. (2019). Service quality dimensions and customer satisfaction: empirical evidence from retail banking sector in Oman. Total Quality Management and Business Excellence, 30(15–16), 1616–1629. https://doi.org/10.1080/14783363.2017.1393330

Gunawan, A., & Iqbal, I. (2018). Quality Measurement Customer Satisfaction Index (Csi) Method And Importance-Performance Analysis (Ipa) Diagram Pt. Asdp Indonesia Ferry (Persero) Merak – Banten. Journal of Engineering and Management in Industrial System, 6(1), 11–19. https://doi.org/10.21776/ub.jemis.2018.006.01.2

Haris Fadillah, Aulia F. Hadining, R. P. S. (2020). Analisis Kepuasan Pelanggan Abc Laundry Dengan Menggunakan Metode Service Quality, Importance Performance Analysis (Ipa) Dan Customer Satisfaction Index (Csi). J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 15(1), 1. https://doi.org/10.14710/jati.15.1.1-10

Krisna Ulfah, R., Niken Pratiwi, F., Hadiananta, I., Nursa Putri, S., Febria Emza, V., & Wardi, J. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Sarana Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 1(1), 15–21. https://doi.org/10.31849/jurkim.v1i1.7876

Marbun, P. (2021). Disain Pembelajaran Online Pada Era Dan Pasca Covid-19. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 12(2), 129. https://doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142

Mardhiah, A. (2022). Kendala-Kendala Pembelajaran Online Pada Masa Covid 19. Jurnal Intelektualita Prodi MPI, Volume 11, Nomor 2, Edisi Juni-Desember 2022, 11, 75–83.

Ratnasari, L., Hasibuan, B., & Gusdini, N. (2019). Tourists Perception Towards Tourist Satisfaction in Pangandaran Beach, West Java, Indonesia. Journal of Economics, Management and Trade, 25(3), 1–9. https://doi.org/10.9734/jemt/2019/v25i330196

Salsabilla*1, A., Yolanda2, C., Putri3, D. D., Heriyanto4, Putri5, T. A., & Wardi6, J. (2022). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) Di Masa. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 6(1), 7–14.

Suardika, I. B., & Indriani, S. (2022). Peningkatan Kualitas Pelayanan Dengan Metode Service Quality Dan Importance Performance Analysis Pada Hero Taman Pinang Indah Sidoarjo. Jurnal Valtech (Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), 5(1), 66–72.

Sumarna, D. L., & Faisal, M. (2020). Pengukuran dan Perbaikan Kualitas Pelayanan PT Pos Indonesia Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Logistik Bisnis, 10(1), 52. https://doi.org/10.46369/logistik.v10i1.696

Published
2023-09-30
Abstract viewed = 17 times
PDF downloaded = 17 times