Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X TKJ2 pada Materi Gerak dengan Menggunakan Video Rekam Layar O-Cam

  • Nita Andriani SMK N 1 MEMPURA
Keywords: penguasaan konsep, video pembelajaran, video rekam layar, aplikasi O-Cam

Abstract

Pembelajaran fisika di sekolah pada masa pasca pandemi Covid-19 ini sedikit mengalami penurunan. Rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran karena kurang mendapatkan kesan bermakna sewaktu pembelajaran daring. Sehingga penguasaan konsep fisika siswa menjadi menurun. Oleh karena itu penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa SMK Negeri 1 Mempura kelas X TKJ2 dengan pembelajaran menggunakan video rekam layar O-Cam. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian dibuat dengan dua siklus. Pada siklus 1 diperoleh rata-rata penguasaan konsep fisika siswa adalah 69 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 30. Sedangkan persentase ketuntasan yaitu 61,5 %. Selanjutnya pada silkus 2 setelah penyempurnaan pada fase tindakan (action), diperoleh rata-rata penguasaan konsep fisika siswa 78 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Sedangkan persentase ketuntasannya 80,8 %. Selanjutnya ke depan diharapkan penggunaan video dalam pembelajaran bisa lebih meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, B. (2017). Model Pembelajaran Inquiry Training Menggunakan Mind Mapping dan Kemampuan Berpikir Formal Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 1–7. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf/article/download/6337/pdf

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Dewi, H. R., Mayasari, T., Handhika, J., Education, P., & Program, S. (2019). Increasing Creative Thinking Skills and Understanding of Physics Concepts Through Application of STEM-BASED. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 25–30.

Habibi, B. A. S., Herayanti, L., Gummah, S., Prayogi, S., & Pangga, D. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Bandicam Bagi Dosen Pendidikan Fisika Fstt Undikma. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika e-ISSN 2722-824X, 2(12 (Desember), 173–177. Retrieved from http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/abdimandalika/article/view/500

Hafizah, S. (2020). Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656

Haidir, M., Farkha, F., & Mulhayatiah, D. (2021). Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 81. https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3266

Halmuniati*, H., Riswandi, D., Zainuddin, Z., Asmin, L. O., & Isa, L. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(4), 332–340. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i4.27199

Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 272–279. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243

Muzdalifah, I., Handayani, S., Novendra, R., Studi, P., Informasi, S., Komputer, F. I., & Kuning, U. L. (2019). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran SCRABBLE Online Berbasis Android untuk Guru-Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 94–99.

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., … Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. Educational Research Review, 14(February), 47–61. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.003

Praptiwi, L., Sarwi, & Handayani, L. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Negeri 1 Kasihan Kabupaten Bantul. Unnes Science Education Journal, 1(2), 86–95.

Rubiyah, S., Dasmo, D., & Suhendri, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe dan AVS Video Editor Untuk Siswa Kelas X SMK Mahadhika 2 Jakarta Timur. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(2), 107–118. https://doi.org/10.30998/sch.v1i2.3140

Salsabila, E. R., Wijaya, A. F. C., & Winarno, N. (2019). Improving Students’ Sustainability Awareness through Argument-driven Inquiry. Journal of Science Learning, 2(2), 58. https://doi.org/10.17509/jsl.v2i2.13104

Turnip, B., Wahyuni, I., & Tanjung, Y. I. (2016). The Effect of Inquiry Training Learning Model Based on Just in Time Teaching for Problem Solving Skill Betty. Journal of Education and Practice, 7(15), 177–181. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1103095%0Awww.iiste.org

Wiganingrum, T., Serevina, V., & Budi, A. S. (2019). Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik Dilengkapi Video Animasi Berbasis Guided Discovery Pada Materi Gerak Harmonis Sederhana. VIII, SNF2019-PE-307–312. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.38

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. 1(2), 91–100.

Yunita, E., & Suprapto, N. (2021). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Platform Youtube pada Materi Usaha dan Energi. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 21–31. https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p21-31

Published
2023-09-30
Abstract viewed = 32 times
PDF downloaded = 31 times