Evaluasi Siklus Sinyal Simpang Empat

(Studi Kasus : Jalan Soekarno Hatta – Jalan Darma Bakti – Jalan Durian)

  • Rosmauli Marpaung Universitas Lancang Kuning
  • Winayati Winayati Universitas Lancang Kuning
  • Alfian Saleh* Universitas Lancang Kuning
Keywords: Degree of Saturation, Signalized Intersection perfomance, PKJI 2014, Derajat Kejenuhan, Kinerja Simpang Bersinyal

Abstract

Simpang Jl. Soekarno hatta –Jl. Darma Bakti – Jalan Durian merupakan persimpangan yang mempunyai tingkat kepadatan tinggi terutama pada jam puncak, hal ini terlihat dari panjang antrian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui waktu siklus simpang pada kondisi eksisting dan memberikan rekomendasi perbaikan waktu siklus simpang. Metode yang digunakan untuk analisis kinerja lalu lintas simpang dengan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI2014). Data primer pada penelitian ini adalah volume lalu lintas, kondisi geometrik simpang, dan waktu siklus. Sedangkan data sekunder pada penelitian ini adalah data jumlah penduduk, data jumlah pertumbuhan kendaraan. Pengambilan data dilakukan satu hari aktif dan satu hari akhir pekan. Hasil analisis yang didapat pada penelitian ini adalah dengan jumlah volume kendaraan yang didapat sebesar 1067 smp/jam, kapasitas simpang (C) 876,18 smp/jam, nilai derajat kejenuhan (DJ) 0,726, tundaan lalulintas (TLL) 41,0 smp/det, tundaan geometri (TG) 3,6 det/skr, tundaan rata-rata (T) 44,6 det/skr. Berdasarkan penelitian dan pembahasan evaluasi siklus sinyal simpang empat studi kasus : jalan soekarno hatta – jalan darma bakti – jalan durian memiliki nilai derajat kejenuhan masing-masing sebesar 0,786. Hal ini menunjukan bahwa volume lalu lintas pada simpang yang bersangkutan dikategorikan pada tingkat pelayanan E dengan karakteristik arus tidak stabil, yang mana kecepatan yang digunakan standar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusmaniza, R., & Fadilla, F. D. (2019). Analisa Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Ujung Beurasok STA 0+^000 S/D STA 0+^700). VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 1(1). https://doi.org/10.38038/vocatech.v1i0.7

Fardiansa, L. jovi. (2022). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal menggunakan metode PKJI 2014 dan Software Vissim 11 di simpang dieng kota malang. Tugas Akhir, 33(1), 1–12.

Hartono, R., Wibisono, Y., & Sukamto, R. A. (2017). Damropa (Damage Roads Patrol): Aplikasi Pendeteksi Jalan Rusak Memanfaatkan Accelerometer pada Smartphone. Program Studi Ilmu Komputer, 1–6. http://repository.upi.edu/id/eprint/17471

Indrian, A. S. (2021). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Menggunakan Metode PKJI 2014 dan Software VISSIM 11 Pada Simpang W.R. Supratman Kec. Klojen Kota Malang - Jawa Timur. Tugas Akhir, 2013–2015.

Mamu, I., Kadir, Y., & Patuti, I. M. (2021). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jalan J. A. Katili-Jalan Tondano-Jalan Madura Dengan Metode Pkji Idrak. Composite Jurnal, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.22146/jcef.XXXX

Missa, D. K. (2021). Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Dengan Metode PKJI 2014 dan VISSIM. Tugas Akhir, March, 1–19.

Nadia, S., Rokhmawati, A., & Rahmawati, A. (2022). Studi Evaluasi Kinerja Simpang Empat Bersinyal Kebonagung Kota Pasuruan Dengan Menggunakan Metode Pkji 2014 Dan Software Vissim. Jurnal Rekayasa Sipil, 12(1), 13–22.

Pedoman Kapasitas Jalan indonesia. (2014). Kapasitas Jalan Perkotaan. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, 1–63.

Prakoso, P. B., Lestari, U. S., & Sari, Y. (2019). Deteksi Keretakan Permukaan Perkerasan Lentur Jalan Raya ( Studi Kasus : Tanah Lunak Di Banjarmasin ) Detection of Cracks on Highway Flexible Pavement Surfaces ( Case Study : Soft Soils in Banjarmasin ). DETEKSI KERETAKAN PERMUKAAN PERKERASAN LENTUR JALAN RAYA ( STUDI KASUS : TANAH LUNAK DI BANJARMASIN ) Detection of Cracks on Highway Flexible Pavement Surfaces ( Case Study : Soft Soils in Banjarmasin ), 4(April), 247–251. http://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/view/194/195

Tahir, A. (2012). Perencanaan Waktu Sinyal Pada Persimpangan Jalan Tombolotutu, Jalan Hang Tuah Dan Jalan Suprapto Di Kota Palu. Infrastruktur, 2(2).

Published
2023-09-30
Abstract viewed = 21 times
PDF downloaded = 13 times