Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Struktural Think Pair Square (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

(Siswa Kelas X DKV 1 SMKN 4 Pekanbaru)

  • Elvi Hidayati SMK Negeri 4 Pekanbaru
Keywords: Hasil Belajar Matematika,, Pembelajaran Kooperatif,, Think Pair Square (TPS)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Square (TPS). . Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X DKV 1 SMKN 4 PEKANBARU pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 32   orang peserta didik. yang terdiri dari 17 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Lembar pengamatan dianalisis secara kualitatif deskriptif, sedangkan tes hasil belajar matematika dianalisis secara kuantitatif statistic deskriptif. Analisis kualitatif memperlihatkan bahwa terjadi perbaikan proses pembelajaran dari sebelum tindakan ke siklus I dan siklus II. Siswa terlihat berpartisipasi aktif dan semakin mandiri dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan, seperti dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang diberikan, mempresentasikan hasil penyelesaian masalah dan memberikan kesimpulan pembelajaran. Analisis kuantitatif menunjukkan jumlah siswa yang mencapai KKM pengetahuan meningkat dari skor dasar (56,25%) keUH I (68,75%) hingga ke UH II (87,50%). Untuk keterampilan dari meningkat dari skor dasar  (62,50%) ke UH I (71,88%) hinggake UH II (87,50%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Think Pair Square (TPS)dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas X DKV 1 SMKN 4 PEKANBARU Tahun Pelajaran 2022/2023 semester genap pada kompetensi dasar Menentukan nilai sudut berelasi di berbagai kuadran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Y., Trisoni, R., & Putra, A. I. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square terhadap hasil belajar siswa materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan pada kelas VIII SMP Proceeding IAIN 47–58. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/1342%0Ahttps://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/download/1342/1162

Anugrah, C., Departement Biologi, R., dan Ilmu Pengetahuan Alam, F., Fitri, R., & Hijrah Selaras, G. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tps (Think Pair Share) Terhadap Hasil Belajar Biologi Sma. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 373–383.

Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan pembelajaran. Rineka Cipta.

Castronova, J. (2001). Discovery learning for the 21st century: What is it and how does it compare to traditional learning in effectiveness in the 21st century? Retrieved August 16, 2018

Hidayatati, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kasus Peserta didik kelas x KKBT2 Smk Negeri 4 Pekanbaru). Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 2(1), 24–35.

Retnowati, E., Retnawati, H., & Supriadi, A. (2012). Matematika kelas IX kurikulum 2006. Grafindo.

Ridwan, & Sa’adah. (2001). Penelitian tindakan kelas bagi guru. Sendiri.

Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia. Depdiknas.

Seriasih, N. W., Denpasar, K., & Hindu, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Square. 1(November), 471–480. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286777

Susanti, W., Pujiastuti, E., & Budhiharti, S. J. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2), 25–34. https://doi.org/10.56587/jipm.v1i2.41

Watini. (2023). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Struktural Think Pair Square ( TPS ) dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. 4(22), 384–393.

Rachmat, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran PPKN untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 4 Gowa. Jurnal Paedagogy, 8(1), 93-104

Litna, K. O., & Seli, M. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 504-510.

Jannah, N. H., & Mudjiran, M. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 2125-2129.

Hartiningrum, E. S. N., & Nugroho, I. P. (2020). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).

Published
2024-01-31
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times