Moderasi Akses Keuangan Pada Hubungan Entrepreneurship Orientation, Market Orientation Dan Learning Orientation Terhadap Kinerja Umkm Di Kota Pekanbaru

  • Agus Seswandi
  • Bambang Supeno Universitas Lancang Kuning
  • Fahmi Oemar Universitas Lancang Kuning
Keywords: Enterpreneur Orientation, Marketing Orientation, Learning Orientation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan model yang menggambarkan moderasi pengaruh akses keuangan terhadap hubungan antara kewirausahaan orientasi, orientasi pasar, orientasi pembelajaran terhadap kinerja UMKM di Kota Pekanbaru. Metodologi Pendekatan Penelitian ini mengadopsi desain penelitian survei dengan mengumpulkan data primer dari responden. Penelitian melibatkan pengumpulan data langsung dari pemilik-manajer UMKM untuk menentukan peran moderator akses ke keuangan pada hubungan antara orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, orientasi pembelajaran terhadap Kinerja UMKM. Studi ini memberikan pemahaman yang jelas tentang dampak dari orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, Orientasi Pembelajaran tentang Kinerja UMKM di bidang manajemen strategis dan kewiraswastaan. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa Enterpreneur Oriented berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Usaha, begitu pula Market Oriented berpengaruh signifikan terhadap Akses ke Keuangan. Kemudian Akses ke Keuangan (AF) hanya memoderasi Market Oriented terhadap Kinerja Usaha, namun tidak dapat memoderasi hubungan Enterpreneur Oriented dan Learning Oriented  terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Pekanbaru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminu, I. M., &Shariff, M. N. M. (2014).Mediating role of access to finance on the relationship between strategic orientation and SMEs performance in Nigeria: A proposed research framework. International Journal of Management Research & Review, 4(11).1023-1035.

Anderson, B. S., & Eshima, Y. (2013).The influence of firm age and intangible resources on the relationship between entrepreneurial orientation and firm growth among Japanese SMEs. Journal of Business Venturing, 28(3), 413- 429.

Apaydin, F. (2011).Moderating effect of adaptability on the relationship between two forms of market orientation and performance. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 3(2), 1364-1377.

Arora, R. U. (2014). Access to finance: An empirical analysis. European Journal of Development Research, 26(5), 798-814.

Arshad, R., Mansor, S. M., & Othman, R. (2012).Market orientation, firm performance and the mediating effect of corporate social responsibility.The Journal of Applied Business Research, 28(5), 851-860.

Asare, A. O. (2014). Challenges affecting SME’s growth in Ghana.OIDA International Journal of Sustainable Development, 7(6), 23-28.

Published
2022-01-27
Abstract viewed = 228 times
PDF downloaded = 195 times