Perancangan Media Pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Berbasis Android

  • Rahmatul Husna Arsyah Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Indra Wijaya
  • Mega Heldiana Universitas Lancang Kuning
Keywords: Learning Media, Network Infrastructure Administration, Android, Administrasi Infrastruktur Jaringan, Media Pembelajaran

Abstract

Learning media is one of the components supporting the success of learning. Each learning has its own media characteristics that are able to support each process, including learning Network Infrastructure Administration. This study aims to create valid, practical, and effective Android-based media. The research method uses the Research and Development (R&D) type. The test subjects were students of class XI TKJ SMK Negeri 6 Padang, totaling 35 people. The Android Learning Media designed has a validator value of 86.75% which is declared valid, and a practicality value of 87.49% with the practical category, as well as the effectiveness category, which is considered very effective. Based on the results of this study, Android-based learning media is very good to be applied in learning Network Infrastructure Administration, which makes it easier for students to understand practical material.

Abstrak

Media Pemebelajaran menjadi salah satu komponen pendukung keberhasilan pembelajaran. Setiap pembelajaran memiliki karakteristik media tersendiri yang mampu mendukung setiap prosesnya, termasuk pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Penelitian ini bertujuanĀ  untuk membuat media berbasis Android yang valid, praktis, dan efektif. Metode penetlitian menggunakan jenis Research and Development (R&D). Subjek ujicoba yaitu siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 6 Padang yang berjumlah 35 orang. Peengujian validasi produk dilakukan kepada 3 orang validator, sedangkan pengujian praktikalitas dilakukan kepada guru dan siswa. Serta pengujian efektifitas dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa dengan menggunakan media yang dirancang. Media Pembelajaran Android yang dirancang memiliki nilai validator sebesar 86,75% yang dinyatakan valid, dan nilai kepraktisan sebesar 87,49% dengan kategori praktis, serta kategori efektifitasnya, dinilai sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini, media pembelajaran berbasis Android sangat baik untuk diterapkan dalam pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan, yang memudahkan siswa dalam memahami materi praktikum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Hamid, Mustofa Abi, Ramadhani, Rahmi, Juliana, Masrul, Safitri, Meilani, Jamaludin, Muhammad Munsarif & Simarmata, Janner. 2020. Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis

Nurhayati, N., Yunus, Y. ., & Juwita, A. I. . (2021). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Upi-Yptk, Vol 8 No. 1 Halaman 45-56.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi ModelPerkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi.Walisongo Journal of Information Technology,1(2), 151.https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Wijaya, I., & Firmansyah, D. (2018). Perancangan Dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran (Studi Kasus Kelas X Otps Mk Negeri 3 Padang). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi UPI-YPTK, Vol 5 No.2 ,Halaman 9-20.

Sugiyono. (2014). Metode Penilitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D ). Bandung: Alfabeta.

Published
2022-01-31
Abstract viewed = 285 times
PDF downloaded = 343 times