Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas X KKBT 2, penulis mengidentifikasi hal-hal yang perlu ditingkatkan dalam pembelajaran. Kesulitan yang dihadapi adalah keengganan siswa untuk menyelesaikan tugas secara mandiri, ketidakmampuan mereka untuk mendengarkan pelajaran dengan penuh perhatian, ketidakmampuan mereka menganalisis pertanyaan berdasarkan contoh yang diberikan, dan ketidakmampuan mereka menggunakan model matematika untuk memodelkan masalah kontekstual tentang masalah cerita. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus penelitian tindakan kelas kolaboratif. Setiap siklus dibagi menjadi empat fase: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. 36 siswa kelas X KKBT 2SMK Negeri 4 Pekanbaru dijadikan sebagai subjek penelitian.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika semester gasal tahun pelajaran 2019/2020 di KKBT 2 SMK Negeri 4 Pekanbaru.
Temuan penelitian dalam penerapan model pembelajaran ini dapat membantu peningkatan proses pembelajaran matematika pada siswa kelas XKKBT 2 SMK Negeri 4 Pekanbaru tahun ajaran 2019/2020, serta kemampuan menyelesaikan masalah siswa di kelas XKKBT 2 SMK Negeri 4 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2019/2020 tentang Sistem Materi Pokok. Persamaan Linier Dua Variabel
Abstrak
Based on observations made in class X KKBT 2, the author identifies areas for improvement in learning. The difficulties encountered are students' reluctance to complete the task independently, their inability to listen attentively to the lesson, their inability to analyze the questions based on the examples provided, and their inability to use mathematical models to model contextual problems about story problems. This research is conducted through two cycles of collaborative classroom action research. Each cycle is divided into four phases: planning, execution, observation, and reflection. 36 students from class X at KKBT 2SMK Negeri 4 Pekanbaru served as research subjects.
The purpose of this study was to enhance students' ability to solve math problems during the odd semester of the 2019/2020 academic year at KKBT 2 SMK Negeri 4 Pekanbaru.
The research findings in the application of this learning model can aid in the improvement of the mathematics learning process in class XKKBT 2 SMK Negeri 4 Pekanbaru in the 2019/2020 school year, as well as the ability to resolve student problems in class XKKBT 2 SMK Negeri 4 Pekanbaru in the 2019/2020 academic year on System Principal Materials. Two-Variable Linear Equation
Downloads
References
Jurnal
Yanti, A. H. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah menengah pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2).
Marlina, R., Nurjahidah, S., Sugandi, A. I., & Setiawan, W. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii MTs Pada Materi Perbandingan Dan Skala. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 113-122
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.
Rifai, R., Pratidiana, D., & Arifiyanti, S. D. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 109-116.
Buku
Achmad Fuad, 2009, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: kementerian agama Republik Indonesia),
Ahmad Susanto, Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar
Ahmad Yani, 2009, Pembelajaran IPS, ( Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia)
Arikunto, Suharsini, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara,2007
Depdipbud.1987.Pedoman Penilaian Di Sekolah Dasar. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan
Depdiknas, 2003, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Sains Sekolah Menengah Atas, Depdiknas, Jakarta
Depdikbud, 1994, Petunjuk Proses Pelaksanaan Proses Belajar mengajar, Depdikbud, Jakarta
Dimyati dan Mudjiono,2006, Belajar dan Pembelajaran,Rineka Cipta,Jakarta
Djamarah,S.B dan Zain,2006, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri, 2011, Psikologi Belajar, cet. Ke-3, Jakarta: Rineka Cipta
Junaedi dkk, 2008, Strategi Pembelajaran, (Surabaya: LAPIS-PGMI)
Nadlir dkk,2009, Ilmu Pengetahuan Sosial, (Surabaya: LAPISPGMI)
Nana, Sudjana,1995, Dasar – dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo
Nana Sudjana. 1995, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Oemar Hamalik, Psikologi Pendidikan dan Mengajar (Bandung: Sinar Baru, 1992) Permendiknas No 20 Tahun 2006
Peraturan Menteri Nasional No 22 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD, MI dan SDLB
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta,
Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Sujana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya, 2002
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.