NILAI KOHESI DAN SUDUT GESER TANAH PADA AKSES GERBANG SELATAN UNIVERSITAS LANCANG KUNING

  • Virgo Trisep Haris Program Studi Teknik Sipil Universitas Lancang Kuning
  • Fadrizal Lubis Program Studi Teknik Sipil Universitas Lancang Kuning
  • Winayati Winayati Program Studi Teknik Sipil Universitas Lancang Kuning
Keywords: lereng, kohesi, sudut geser, longsor

Abstract

Areal Universitas Lancang Kuning memiliki lahan dengan perbedaan kontur yang cukup curam (berlereng). Beberapa bangunan memerlukan dinding penahan tanah untuk menjaga kesetabilan lereng tanah agar pondasi bangunan tetap dapat stabil menyangga tanah dalam memikul struktur diatasnya.

Akses gerbang selatan Universitas Lancang juga berada pada kondisi tanah yang berlereng, sehingga rawan terhadap bahaya longsor. Untuk mengetahui apakah kondisi lereng tanah akses gerbang selatan Universitas Lancang Kuning aman terhadap bahaya longsor,  dilakukan pengujian dengan cara mengebor dan mengambil sampel tanah dilapangan dan dilakukan uji kuat geser di laboratorium.

Setelah dilakukan pengeboran tanah pada kedalaman 1 sampai 3,5 meter, serta pengujian cohesi dan sudut geser di laboratorium , dihasilkan pada kedalaman 1, 2, 3, dan 3,5 meter, nilai cohesi berturut-turut 0,18; 0,11; 0,32 dan 0,25 (kg/cm2) dan sudut geser 23,5 0; 25,290; 28,170 dan 29,710  maka  kategori jenis tanah pasir berlanau dengan tingkat kepadatan sangat lepas. Kekuatan geser tanah relative dalam kondisi atau keadaan yang sama pada setiap lapisan  kedalaman.Dengan kondisi kepadatan sangat lepas, tebing tanah rawan terhadap bahaya longsor, sehingga pembangunan tebing perlu dilakukan sebagai upaya mencegah kelongsoran.

Kata kunci: lereng, kohesi, sudut geser, longsor

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahtiar M.A. (2016), Korelasi Nilai Kohesi dan Sudut Geser Tanah Dalam dengan Nilai Tahanan Konus Sondir, e-Jurnal Matrik Teknik Sipil.
Bowles J.E. (1989). Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah. Penerbit Erlangga Jakarta.
Hafez M . (2015), Analisa Pengaruh Kohesi dan Sudut Geser Dalam Terhadap Angka Keamanan Lereng, Diploma Thesis Universitas Andalas.
Kusuma D. (2016) http://dwikusumadpu.wordp
Saputra S.A. (2017) Analisis Stabilitas Lereng Dengan Perkuatan Dinding Penahan Tanah Kantilever Dan Geotekstil Pada Ruas Jalan Lintas Liwa-Simpang Gunung Kemala KM. 268+550. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Bandar Lampung
Published
2018-10-01
How to Cite
Haris, V. T., Lubis, F., & Winayati, W. (2018). NILAI KOHESI DAN SUDUT GESER TANAH PADA AKSES GERBANG SELATAN UNIVERSITAS LANCANG KUNING. Siklus : Jurnal Teknik Sipil, 4(2), 123-130. https://doi.org/10.31849/siklus.v4i2.1143
Section
Articles
Abstract viewed = 2730 times
PDF downloaded = 8295 times