IbM Penerapan Lubang Resapan Biopori Sebagai Alternatif Untuk Meminimalisir Genangan Air Di Pompes Darul Muckhlasin Rumbai Pekanbaru

  • Rina Novia Yanti Universitas Lancang Kuning
  • M. Rawa Amadi Universitas Lancang Kuning
  • Marta Dinata Universitas Lancang Kuning
  • Muzamil Rasyid Universitas Lancang Kuning
Keywords: Biopori, Kompos, Limbah Organik

Abstract

Pondok Pesantren Darul Mukhlasin merupakan Ponpes yang terletak di Kelurahan Rumbai Bukit. Ponpes ini mendidik santri-santri tanpa dipungut biaya. Sumber dana Ponpes adalah dari dana pribadi pemilik dan bantuan sukarela dari masyarakat dan pemerintah. Pompes terletak di daerah cekungan dan dipinggir sungai, sehingga kalau hujan berlangsung lama aka nada genangan air yang bertahan lama sampai berhari-hari. Ponpes Darul Mukhlasin mempunyai aktifitas ekstra kurikuler salah satunya bercocok tanam. Apabila hujan lahan mereka akan tergenang air. Pembuatan lubang bipori adalah salah satu solusi yang ditawarkan untuk mengatasi banjir. Disamping itu manafaat lubang bipori adalah menghasikan kompos yang dijadikan pupuk untuk tanan sayur-sayuran di pompes. Tujuan dari pelatihan pembuatan lubang biopori ini adalah agar santri dapat mengetahui teknik lubang biopori, fungsi dan hasil yang bias diperoleh dengan adanya lubang biopori.  Dari pelaksanaan kegiatan pengabdian, peserta sudah paham apa dan manfaat lubang resapan biopori, tetapi belum pernah melakukan pembuatan LRB. Hasil kusionar sebelum kegiatan dilaksanakan 92% peserta sudah paham LRB. Yang belum mareaka katahui adalah cara pembuatan LRB. Dari hasil pengabdian yang telah dilakukan para siswa telah membuat LRB dari 2 lubang biopori

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z., Tjahjana, D. D. D. P., Rachmanto, R. A., Suyitno, S., Prasetyo, S. D., & Hadi, S. (2020). Penerapan Teknologi Biopori Untuk Meningkatkan Ketersedian Air Tanah Serta Mengurangi Sampah Organik Di Desa Puron Sukoharjo. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 9(2), 53. https://doi.org/10.20961/semar.v9i2.43408.

Arifin, Z., Tjahjana, D. D. D. P., Rachmanto, R. A., Suyitno, S., Prasetyo, S. D., & Hadi, S. 2020. Penerapan Teknologi Biopori Untuk Meningkatkan Ketersedian Air Tanah Serta Mengurangi Sampah Organik Di Desa Puron Sukoharjo. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 9(2), 53. https://doi.org/10.20961/semar.v9i2.43408 .

Baguna, F. L., Tamnge, F., & Tamrin, M. 2021. Pembuatan Lubang Resapan Biopori (Lrb) Sebagai Upaya Edukasi Lingkungan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 131. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32484 .

Brata, K. R. 2006. Teknologi Biopori. Bogor: IPB Press..

Baguna, F. L., Tamnge, F., & Tamrin, M. 2021. Pembuatan Lubang Resapan Biopori (Lrb) Sebagai Upaya Edukasi Lingkungan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 131. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32484 .

Griya. 2008. Mengenal dan memanfaatkan lubang biopori. (http://kumpulaninfo.com) diakses 25 September 2022.

Utami S,. Rahadian, R,. Perwati, LW. 2014. Ibm Kelompok Ibu-Ibu Pkk : Penerapan Teknologi Biopori Yang Diperkaya Inokulan Mikroba Di Perumahan Banyumanik Semarang. Majalah INFO, Edisi XVI, Nomor 3.
Published
2023-09-30
Abstract viewed = 14 times
PDF downloaded = 16 times